Awas! Kesuburan Sperma Bisa Rusak Akibat Radiasi Smartphone

KESUBURAN bukan hanya masalah yang terjadi pada wanita. Kalangan pria pun bisa mengalaminya jika kuantitas maupun kualitas sperma tak sesuai standar yang dibutuhkan untuk proses pembuahan.

Sayangnya, kebiasaan yang berpotensi merusak kesuburan masih saja dilakukan masyarakat. Salah satu yang sering dilakukan adalah menyimpan smartphone di saku celana.

Dokter Spesialis Obstetri dan Ginekologi, Beeleoni, menjelaskan radiasi merupakan musuh besar bagi sperma. Smartphone menjadi salah satu penyumbang radiasi tertinggi di kehidupan sehari-hari.

Karenanya, kebiasaan menyimpan smartphone di kantong celana bisa memperburuk kondisi sperma.

"Smartphone punya radiasi yang dapat mengganggu spermatogenesis (pembentukan sel sperma) di buah zakar jika diletakkan di kantong celana," tuturnya, Kamis (20/12/2018).

Beeleoni menyebutkan, tempat sperma yang menyimpan kelenjar testis memiliki suhu 3 derajat celcius lebih rendah dibandingkan perut. Lokasi ini sangat strategis sebagai tempat pembentukan sperma.

Jika  buah zakar terpapar radiasi, testis barrier yang berfungsi sebagai pelindung akan rusak. Hal ini dapat mempengaruhi jumlah dan kualitas sperma.

"Normalnya, sperma akan beregenerasi selama tiga bulan sekali. Jika terpapar radiasi dalam waktu yang lama, jumlah dan kualitasnya akan menurun," ujar Beeleoni.(*)

BERITA REKOMENDASI