Bahan Alami Ini Efektif Memutihkan Gigi Kuning

GIGI yang berwarna kuning tentu menjadi masalah tersendiri yang mungkin dialami oleh beberapa orang. Hal tersebut yang tentu membuat seseorang menjadi tidak percaya diri, apalagi bila harus tersenyum memperlihatkan deretan gigi.

Bagi Anda yang juga mengalaminya, berikut adalah beberapa trik mendapatkan gigi putih menggunakan bahan-bahan alami, seperti dikutip HuffingtonPost.

Baking soda

Salah satu bahan alami yang dikenal bisa memutihkan gigi adalah baking soda. Baking soda memiliki sifat yang bisa menghilangkan noda di permukaan gigi. Namun, baking soda tak boleh sering diaplikasikan. Untuk pengaplikasiannya, sebarkan baking soda ke seluruh permukaan gigi. Diamkan selama 5-10 menit, lalu sikat gigi sampai bersih dengan pasta gigi.

Stroberi

Stroberi memang sudah sejak lama dikenal bisa memutihkan gigi secara alami. Hal ini berkat kandungan asam malat yang terdapat di dalamnya. Di mana asam malat merupakan enzim yang juga terdapat pada pasta gigi.

Anda bisa menghaluskan stroberi atau membaginya menjadi dua, lalu gosokkan pada gigi. Diamkan selama satu menit kemudian bilas dengan air. Ahli gigi dr. Steven Roth mengemukakan jika stroberi juga menjadi pembersih bakteri untuk area gigi dan mulut.

Apel, seledri, dan wortel

Menurut Dr. Jeffrey Gross, jenis buah dan sayuran ini memiliki kandungan pembersih noda alami. Bahan-bahan tersebut banyak memproduksi air liur yang bertindak baik untuk memutihkan gigi.

"Kedengarannya aneh, tetapi banyak orang percaya jika menggosokkan wortel pada gigi membuatnya lebih cerah. Kandungan vitamin C di dalamnya dapat menghindari masalah gingivitis dan bakteri penyebab bau mulut," kata dr. Michael Apa.

Yogurt, susu, dan keju

Jenis makanan dan minuman dairy ini sangat baik untuk gigi. Kandungan kalsium di dalamnya tak hanya menguatkan tetapi juga memutihkan gigi.

Lemon

Lemon, jeruk, hingga nanas adalah ragam buah-buahan yang bisa memutihkan dan mencerahkan gigi. Cara aplikasinya, kupas buah lemon dan pisahkan kulitnya. Gosok kulit lemon pada gigi secara menyeluruh selama lima menit. Lalu, sikat gigi sampai bersih menggunakan pasta gigi. (*) 

BERITA REKOMENDASI