Bajigur! Bikin Sirkulasi Darah Lancar

Editor: KRjogja/Gus

ANEKA jenis minuman tradisional serta mempunyai manfaat kesehatan layak dilestarikan keberadaannya. Satu di antaranya, bajigur yang menggunakan rempah-rempah alami dalam pembuatannya seperti cengkih, jahe, serai dan kayu manis.

Baik bajigur tradisional masih asli maupun sudah instan menggunakan rempah-rempah tersebut serta sedikit bubuk kopi asli. Lalu sebelum disajikan dapat ditambah kolang-kaling, irisan daging kelapa muda serta roti tawar. Tak jauh beda dengan wedang ronde, minuman bajigur juga ada yang dijual di pinggir-pinggir jalan. Pelanggan pun mengaku bisa mendapat manfaat kesehatan dari minuman tradisional ini.

“Selain enak, saya yakin juga ada nilai gizinya dan ikut mendukung kesehatan, antara lain bisa membantu menghangatkan badan serta memperlancar sirkulasi darah,” ungkap penggemar bajigur asal Mlati Sleman, Sigit R.

Bersama Suryadi salah satu temannya, Sigit menjelaskan, apalagi diminum saat musim dingin, bajigur yang banyak mengandung rempah-rempah ataupun bahan alami berkhasiat akan bisa membantu menghindarkan dari kedinginan. Bahkan bisa memperlancar sirkulasi darah, sehingga dengan sirkulasi darah yang lancar berperan mencegah maupun membantu mengatasi keluhan kesehatan.

“Beberapa lokasi kuliner ada juga yang menyediakan minuman bajigur, baik model tradisional atau sudah modern berwujud bajigur instant yang tinggal menyeduh dengan air panas,” bebernya.

Suryadi menambahkan, ketika di lokasi kuliner ada menu minuman bajigur, ia pun biasa memesan. Bahkan ada warung bakmi yang juga menyediakan bajigur dan banyak penggemarnya dari berbagai kalangan. Adanya rempah-rempah seperti cengkih antara lain dapat membantu meredakan batuk, pelega perut dan musuh gigi sakit. Sedangkan kayu manis antara lain membantu melawan susah buang air besar, masuk angin, sariawan, darah tinggi, sariawan, penambah napsu makan dan sebagai pelega perut.

“Bahan tambahan pada minuman bajigur seperti kolang-kaling dan kacang tanah, bagus juga untuk kesehatan badan,” tandasnya.

 

BERITA REKOMENDASI