Balitbangtan Kembangkan Whey susu Peningkat Imunitas

JAKARTA, KRJOGJA.com – meningkatkan imunitas Balitbang Pertanian (Balitbangtan) mengembangkan  jenis protein dalam whey susu. Diantaranya  laktoferin, α-laktalbumin, β-laktoglobulin, glikomakropeptida, dan imunoglobulin dengan bioaktivitas sebagai penambah kekebalan tubuh.

” Ini merupakan   inovasi pengolahan terhadap whey susu untuk dimanfaatkan sebagai pangan alternatif penambah daya tahan tubuh atau imunitas,” ungkap Kepala Balitbangtan, Fadjry Djufry dalam rilis yang diterima KR.

Dia menjelaskan Selama ini whey susu masih terbatas dimanfaatkan sebagai campuran pakan ternak atau pupuk organik, itu pun dalam jumlah sedikit.

Lebih dari itu, pemanfaatan protein whey susu menjadi produk yang kaya akan protein, saat ini menjadi penting sebagai pangan alternatif penambah daya tahan tubuh,” katanya .

Selain itu, tambahnya, dengan memanfaatkan protein whey susu menjadi produk olahan, diharapkan dapat mensubstitusi silang agar harga keju menjadi lebih murah sehingga terjangkau oleh seluruh lapisan masyarakat. Pemanfaatan whey susu, juga dapat mendukung program zero waste.

Peneliti Mikrobiologi Susu, pada Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Pascapanen Pertanian (BB Pascapanen), Sri Usmiati menjelaskan, whey yaitu cairan hasil samping yang terpisah dari gumpalan susu (dadih) dalam pembuatan keju.

Whey protein dalam susu, tambahnya, memiliki potensi meningkatkan sistem imun, karena mengandung asam amino esensial lengkap yang diperlukan tubuh.

Konsentrasi asam amino esensial dalam whey susu dilaporkan sejumlah peneliti, lebih tinggi dibandingkan dalam kacang kedelai dan jagung.

“Jenis-jenis protein dalam whey susu, antara lain laktoferin, α-laktalbumin, β-laktoglobulin, glikomakropeptida, dan imunoglobulin dengan bioaktivitas sebagai penambah kekebalan tubuh,” katanya.

Menurut dia, secara umum, fungsi bioaktif protein whey susu antara lain sebagai prebiotik, memperbaiki dan membentuk sel-sel dan jaringan tubuh, menghancurkan patogen, dan mereduksi racun.

Sementara itu Kepala BB Pasca Panen, Prayudi Syamsuri, menambahkan pada 2018 BB Pascapanen telah mengembangkan beberapa produk berbasis whey susu, yaitu ‘wheygurt’ dan ‘nata de whey’.

“Untuk tahun 2020, BB Pasca Panen mengembangkan bubuk instan protein whey susu,” katanya.(ati)

 

BERITA REKOMENDASI