Bedah Robotik Mata Dilakukan di Inggris

SATU momen revolusioner dalam tindakan medis, yaitu bedah robotik mata pertama dilakukan di dunia. Tindakan ini berhasil dilakukan oleh dokter di Inggris (UK). 

Pasien yang menjadi saksi kesuksesan tersebut adalah Bapa William Beaver, seorang pemimpin agama usia 70 tahun dari St Mary the Virgin Church di Oxford. Setelah jalani operasi mata karena distorsi penglihatannya di John Radcliffe Hospital di Oxford, Bapa Beaver mengaku semua berjalan lancar. 

Operasi ini pun dianggap telah membuka jalan untuk merevolusi tindakan perbaikan penglihatan lebih lanjut.  "Tidak diragukan teknik operasi mata ini akan dilakukan di masa depan," kata Profesor Robert MacLaren, salah satu ahli bedah, dikutip dari Zeenews. "Teknologi kekinian dengan scanner laser dan mikroskop memungkinkan kita untuk memantau penyakit retina pada tingkat mikroskopis. 

Tetapi hal yang kita lihat tetap berada di luar batas fisiologis jangkauan tangan manusia," tambahnya. Dengan sistem robot, mereka menganggap telah membuka bab baru bagi metode operasi mata yang saat ini belum dapat dilakukan. Ahli bedah menggunakan joystick dan layar sentuh untuk mengontrol robot sambil memantau melalui mikroskop operasi. 

Ini adalah pertama kalinya perangkat bedah tercanggih tersebut tersedia dengan memberi gambaran presisi tiga dimensi yang diperlukan untuk beroperasi di dalam mata manusia. (*)

BERITA REKOMENDASI