Begini Cara Kerja Minyak Kelapa untuk Mengobati Sembelit

Jika Anda salah satu dari mereka yang sering menderita masalah sembelit, mungkin Anda sudah mencoba berbagai macam pengobatan rumahan untuk menghilangkan penyakit tersebut.

Dari buah pepaya hingga buah naga, tidak ada kelangkaan pengobatan rumahan untuk sembelit. Tetapi jika setelah mencoba semua pengobatan ini, pergerakan usus Anda yang tidak teratur belum membaik, maka jadikanlah minyak kelapa sebagai sahabat Anda.

Melansir Times of India, minyak kelapa adalah makanan super yang memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh. Dari pertumbuhan rambut hingga penurunan berat badan, minyak ini bisa bermanfaat bagi semua.

Tak hanya itu, minyak kelapa juga bisa menangani sembelit. Minyak ini dipercaya mengandung asam lemak rantai menengah (MCFA) yang melimpah, yang membantu merangsang pergerakan usus dan melunakkan tinja. MCFA ditemukan dalam trigliserida rantai menengah (MCT) dan merupakan bentuk asam lemak yang memiliki berbagai manfaat kesehatan.

Minyak kelapa melumasi usus yang membantu memudahkan pergerakan tubuh, mencegah sembelit. Sesuai klaim lain, minyak kelapa dapat meningkatkan metabolisme, yang pada gilirannya menghilangkan kelebihan limbah dari tubuh dan mencegah sembelit.

Namun, hingga saat ini belum banyak penelitian yang dilakukan untuk mengetahui hubungan yang jelas antara sembelit dan asupan minyak kelapa.

Dari semuanya, minyak kelapa murni dianggap yang terbaik untuk sembelit. Jenis minyak kelapa ini diekstrak dari santan segar dan 100 persen alami.

Bagi orang yang sering mengeluh tentang sembelit, mengonsumsi satu atau dua sendok teh minyak kelapa setiap hari mungkin terbukti bermanfaat. Ada dua cara mengonsumsi minyak kelapa untuk bantuan langsung.

Anda bisa menelan sesendok minyak kelapa murni setiap pagi atau Anda bisa menambahkannya ke dalam kopi pagi atau segelas jus. Minyak kelapa aman dikonsumsi dan tidak memiliki efek samping yang diketahui.

Namun, jika Anda memiliki penyakit kronis atau sedang hamil atau menyusui, konsultasikan dengan dokter Anda sebelum mencoba pengobatan rumahan ini.

BERITA REKOMENDASI