Belanja ke Pasar di Era New Normal Harus Bawa 2 Tas, Ini Alasannya

Belanja ke pasar adalah aktivitas harian yang banyak dilakukan masyarakat. Di new normal ini, pasar pun akhirnya menciptakan protokol kesehatannya sendiri.

Aturan baru ini jangan kemudian dianggap menyusahkan, apalagi merepotkan. Tapi, ingatlah bahwa protokol kesehatan ini dikeluarkan demi menjaga keselamatan dan kesehatan seluruh masyarakat.

Terlebih, kita tahu bersama bahwa pasar merupakan klaster baru Covid-19. Jika Anda lengah dalam menjalankan protokol kesehatan saat ke pasar, risiko terpapar Covid-19 sangat tinggi.

Supaya risiko menjadi minim, Anggota Junior Doctor Network (JDN) dr Sarah Shyma punya cara khusus. Menurut penuturannya, masyarakat mesti menerapkan kebiasaan baru.

“Salah satunya adalah membawa tas belanja sendiri dan saya sarankan untuk bawa dua. Jadi, yang satu berisi daging, yang satunya lagi berisi sayuran dan buah. Ini dilakukan supaya tidak terjadi transfer kuman,” katanya saat Konferensi Pers di Graha BNPB, Jakarta, Sabtu (27/6/2020).

Selain tas, dr Sarah punya barang lain yang mesti dibawa masyarakat saat ke pasar. Apa saja?

1. Catatan belanja

Mulai sekarang Anda mesti membawa catatan belanja. Selain demi mengatur keuangan yang tak terlalu baik di tengah pandemi, catatan ini mempercepat proses Anda saat di pasar.

“Jadi, Anda cuma belanja dari apa yang memang sudah Anda rencanakan dari rumah. Dengan begitu, paparan pasar ke tubuh Anda pun semakin minim karena belanja sesuai dengan apa yang dibutuhkan saja,” katanya.

2. Masker

Atribut ini memang sudah harus tak terpisahkan dari Anda mulai sekarang. Masker mesti dipakai saat berada di luar rumah, apalagi saat di pasar. Jangan pegang-pegang masker kalau sudah dipakai, ya.

3. Hand sanitizer

Alat yang satu ini sepertinya dimiliki banyak orang sekarang. Ya, hand sanitizer memudahkan Anda untuk menjaga kebersihan tangan. Tapi, kalau memang di pasar ada tempat cuci tangan, ada baiknya cuci tangan dengan air dan sabun, ya.

4. Topi

Dokter Sarah juga menyarankan agar Anda tidak ada salahnya menggunakan topi. Walau pada kenyataannya Anda akan keramas saat tiba di rumah, tapi untuk meminimalisir paparan kuman di pasar di kepala, ya, topi sangat membantu.

5. Face shield

Kalau diperlukan, jangan ragu untuk pakai face shield. Tapi ingat, Anda tetap harus pakai masker, ya, jangan hanya mengandalkan penutup wajah. Lalu, tetap cuci tangan sebelum dan setelah pakai face shield. Oke?

BERITA REKOMENDASI