Belum Miliki Momongan? Coba Tips Ini

KESUBURAN seorang wanita dipengaruhi oleh usia dan keteraturan siklus menstruasi. Mencatat siklus menstruasi teratur setiap bulan adalah langkah awal yang tepat. Mengapa? Karena bisa mengetahui masa subur agar menentukan waktu optimal saat berhubungan intim.

Jika kamu sudah mencoba sekian kali, namun belum juga membuahkan hasil (kehamilan). Bisa coba dulu beberapa tips berikut yang dapat dipraktikan dan membantu kamu cepat mempunyai si kecil.

Dokter umum Maylia Rosella dari Alodokter mengatakan, berhubungan intim secara teratur dua sampai tiga kali seminggu sangat disarankan. 

"Dianjurkan, melakukan hubungan intim lebih sering di masa subur ya, karena keberhasilan program hamil terjadi ketika berhubungan intim secara teratur terutama di masa subur. Biasanya berlangsung di pertengahan siklus menstruasi atau bisa ditandai dengan beberapa ciri seperti lendir vagina terasa lebih kental (mirip putih telur) dan bisa juga merasa nyeri payudara," kata dr Maylia dalam keterangannya kepada KRJOGJA.com belum lama ini.

"Kalau sulit menentukan masa subur, juga bisa berhubungan intim teratur setelah menstruasi selesai," imbuhnya. 

Selain itu terapkan pola hidup sehat, seperti berolahraga dua sampai tiga kali seminggu. Sangat tidak dianjurkan merokok dan tidak minum- minuman berkafein lebih dari 2 gelas perhari. Dan konsumsi asam folat sebanyak 400 mikrogram setiap hari.

Kalau belum juga berhasil setelah 1 tahun mencoba, lanjut dr Maylia, sebaiknya periksa ke dokter kandungan spesialis fertilitas sehingga bisa dilakukan pemeriksaan seperti USG dan pemeriksaan kualitas alat reproduksi.

"Kalau ditemukan ada gangguan bisa diberikan pengobatan. Misalnya obat hormon atau bisa disarankan untuk mencoba alternatif lainnya," ujarnya.

Alternatif lainnya misalnya membuat bayi tabung. Juga hindari penggunaan obat tanpa anjuran dokter yang memeriksa secara langsung. (Ive)

BERITA REKOMENDASI