Benjolan Biru di Telapak Tangan Ini Ciri Penyakit Mematikan, Waspadalah

ENDOCARDITIS adalah infeksi yang terjadi pada lapisan dan katup bagian dalam jantung. Jika dibiarkan dapat menyebabkan seseorang alami gagal jantung.

Kondisi ini setidaknya terjadi pada 1 dari 30 ribu orang (di Inggris) dan 4 dari 100 ribu orang (di Amerika Serikat).

Gejala kondisi ini biasanya berkembang secara perlahan dalam beberapa minggu dengan ciri seperti orang terkena flu (lemah dan lesu, sakit kepala, demam, batuk, sakit tenggorokan dan turunnya berat badan), kulit pucat dan rasa nyeri di otot dan persendian.

Endocarditis seperti dikutip DailyMail, biasanya disebabkan oleh bakteri yang masuk melalui aliran darah yang menuju jantung. Kondisi ini umum ditemukan pada mereka yang pernah menjalani operasi katup jantung, menderita gangguan jantung, punya masalah dengan kesehatan gigi dan pengguna narkoba jenis suntik.

Perawatan kondisi ini biasanya dimulai dengan antibiotik suntik namun untuk memperbaiki kerusakan yang terjadi pada jantung, diperlukan operasi.

Kondisi ini dapat dikenali dengan terjadinya gumpalan pada telapak tangan seperti yang terjadi pada seorang pria Kanada beberapa waktu lalu.

Awalnya, kondisi ini bermula dengan munculnya kulit berisik berwarna merah pada telapak tangan. Dalam waktu dua minggu, kulit yang bersisik itu mulai membiru diikuti dengan benjolan yang nampak jelas dengan mata telanjang.

Pria yang namanya tidak disebutkan itu baru mencari pertolongan medis setelah rasa nyeri konstan yang terjadi di bagian perut tak kunjung hilang. Kepada doker, ia mengaku sudah selama enam minggu terakhir alami demam, napsu makan yang berkurang serta tubuh yang berkeringat di malam harinya.

Temuan ini dipublikasikan oleh peneliti University of British Columbia pada New England Journal of Medicine.(*)
 

BERITA REKOMENDASI