Berapa Kalori yang Terbakar saat Bersepeda?

Sejak dahulu, orang menggunakan sepeda sebagai kendaraan. Namun, walaupun saat ini sudah banyak jenis kendaraan, tetapi sepeda tetap digunakan. Ini karena masyarakat mulai sadar bahwa banyak manfaat yang akan didapat dari bersepeda.

Bahkan, ketika pandemi Covid-19 muncul, sepeda seakan menjadi bagian dari mobilitas. Karena sepeda dianggap sebagai salah satu olahraga yang aman serta dapat menjaga jarak satu sama lain.

Bersepeda adalah bentuk latihan aerobik yang sangat baik. Itu berarti jantung, pembuluh darah, dan paru-paru Anda semua bekerja bersama saat Anda mengendarai sepeda.

Mengendarai sepeda tentu menjadi hal yang bagus di saat pusat kebugaran masih ditutup sementara orang-orang harus tetap berolahraga guna memompa sistem kardiovaskular dan membakar kalori.

Melansir Times of India, Rabu (5/8/2020), Saat bersepeda dengan kecepatan sedang, kebanyakan orang menggunakan istem metabolisme aerobik. amun, ketika bersepeda dengan kecepatan yang lebih tinggi, tubuh kita bergantung pada sistem metabolisme anaerob.

Ini berarti bahwa jika Anda mengendarai sepeda lebih cepat, maka Anda akan dapat membakar lebih banyak kalori karena tubuh Anda menggunakan lebih banyak energi.

Merujuk pada penelitian yang dilakukan Universitas Harvard, mengendarai sepeda dengan kecepatan sedang, yakni 12 hingga 13,9 mil per jam akan membantu seseorang dengan berat 70 kg mengurangi 298 kalori dalam 30 menit.

Ketika mengendarai lebih cepat dengan kecepatan 14 hingga 15,9 mil per jam, orang dengan berat yang sama akan membakar sekitar 372 kalori.

Penting untuk terus menantang diri sendiri untuk membakar lebih banyak kalori dalam sehari. Jika tujuan Anda adalah mengurangi berat badan, maka naiklah sepeda setiap hari selama 30 menit.

Anda dapat menambahkan sesi latihan yang berbeda dalam rutinitas Anda untuk hasil yang maksimal. Bersepeda selama 60 menit dapat meningkatkan daya tahan tubuh, bersepeda dengan kecepatan tinggi baik untuk kesehatan jantung, sedangkan bersepeda di area berbukit dapat membakar lebih banyak kalori.

BERITA REKOMENDASI