Berapa Lama Hand Sanitizer Efektif di Tangan?

Menjaga kebersihan tangan di era pandemi menjadi sangat penting guna mencegah risiko tertularnya Covid-19. Sabun dan air memang merupakan pilihan terbaik untuk membersihkan tangan Anda, tetapi sayangnya, kita tidak bisa menemukan tempat cuci tangan setiap saat, terutama jika sedang berada di luar rumah.

Oleh karena itu, banyak orang yang memilih untuk menggunakan hand sanitizer sebagai upaya menjaga kebersihan tangan. Tetapi tahukah Anda berapa lama hand sanitizer dapat memberikan perlindungan di tangan?

Melansir Times of India pada Senin (27/7/2020), larutan kimia yang Anda gosokkan di tangan itu hanya dapat melindungi tangan Anda dari kuman dan virus selama dua menit.

Hand sanitiser tidak dapat memberikan perlindungan dalam waktu yang lama. Anda harus mengaplikasikannya secara berkala jika ingin tangan Anda tetap terlindungi.

Para ahli mengatakan, umumnya hand sanitizer hanya efektif jika Anda sedang berada di jalan dan tidak ada akses untuk mencuci tangan dengan air dan sabun.

Bagaimanapun, cara terbaik untuk menjaga kebersihan tangan Anda adalah dengan mencucinya menggunakan sabun dan air. Untuk menghindari virus, Anda tidak boleh menyentuh wajah dan makan kecuali Anda baru saja mencuci tangan.

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) merekomendasikan untuk menggunakan hand sanitizer yang mengandung setidaknya 60 persen alkohol dan menggosoknya selama 30 detik pada telapak tangan Anda untuk membunuh kuman yang ada di permukaan.

Sementara itu, untuk melindungi diri dari virus, bersihkan tangan Anda tepat sebelum makan atau menyentuh wajah Anda. Tak masalah jika Anda menggunakan hand sanitiser walaupun baru saja dilakukan 10 menit lalu.

Namun, cara terbaik untuk menjaga kebersihan tangan adalah dengan mencucinya menggunakan sabun dan air. Cuci tangan Anda dengan sabun dan gosok setidaknya selama 20 detik. Pastikan Anda menggosoknya di antara jari, punggung tangan dan di bawah kuku sebelum dibilas dengan air.

BERITA REKOMENDASI