Beras Coklat Baik Untuk Kesehatan Jantung

Editor: KRjogja/Gus

BAHAN alami berasal dari panenan tumbuhan berkhasiat dapat saling dikombinasikan. Selain bisa memiliki cita rasa khas, diyakini juga bermanfaat bagi kesehatan. Ketika sudah berada di pasaran, harganya pun cukup terjangkau.

Menurut Bangun S yang tinggal di Gancahan Sleman, beberapa jenis beras seperti beras coklat, merah, hitam maupun putih diyakini memiliki beberapa khasiat kesehatan. Ketika mau memasak jenis-jenis beras ini dapat model dikombinasikan, misalnya beras coklat dengan beras merah maupun putih. Adapun manfaat atau khasiat kesehatan dari beras coklat, antara lain memiliki kandungan gizi yang berperan mendukung kesehatan secara alami. Termasuk juga membantu mencegah dari beberapa penyakit atau gangguan kesehatan pada jantung.

“Beras coklat itu saat proses penggilingan hanya lapisan terluar atau kulit ari dari biji padi dikupas. Namun, jika lapisan dalam atau kulit padi juga dikupas, maka hasilnya adalah beras putih biasa,” paparnya.

Jenis beras putih sendiri juga diyakini masih memiliki kandungan nutrisi dan mineral yang tinggi yang dibutuhkan oleh tubuh. Terlebih jenis beras putih organik diyakini lebih banyak manfaat atau khasiat kesehatannya, bahkan lebih pulen setelah dimasak. Ada lagi varietas yang mampu menebarkan aroma lebih wangi, seperti menthik wangi tanpa perlu diberi tambahan daun pandan wangi saat dimasak. Sedangkan beras merah antara lain . dapat membuat lebih kenyang, menjadikan tak mudah lapar serta bagus untuk diet. Tak kalah penting, serat dalam beras merah juga cukup tinggi. Sehingga, bisa membuat lebih kenyang, menjadikan tak mudah lapar serta bagus untuk diet penurunan berat badan.

“Jenis beras hitam juga diyakini mempunyai beberapa manfaat kesehatan, sehingga dapat membantu mengatasi dan mencegah gangguan kesehatan. Warna ungu kehitaman pada beras ini karena ada sumber antosianin, bagian dari sumber antioksidan, antara lain bisa membantu mencegah pengerasan pembuluh nadi dan asam urat,” tambahnya. (Yan)

BERITA REKOMENDASI