Berat Badan Turun, Bahagiakan 9 Bagian Tubuh Ini

MOMEN berkumpul bersama keluarga saat Idul Fitri pasti tidak terlepas dari kegiatan makan-makan. Terlebih ada beberapa makanan khas yang biasanya baru hadir di hari raya seperti ketupat. Namun ingat, jangan mengonsumsi semua makanan yang tersaji di meja makan dengan berlebihan.

Beberapa orang mungkin sering mengalami kenaikan berat badan saat Idul Fitri karena nafsu makan yang tidak terkontrol. Padahal, hal itu bisa berdampak buruk bagi kesehatan.

Seperti yang diketahui, obesitas merupakan salah satu faktor risiko yang dapat menyebabkan berbagai penyakit. Sebut saja serangan jantung, stroke, diabetes, dan penyakit kardiovaskular lainnya.

Sebaliknya, menurunkan berat badan dan menjaganya tetap ideal membawa banyak manfaat kesehatan. Melansir Mirror, inilah beberapa bagian tubuh yang mendapatkan dampak positif dari penurunan berat badan.

Paru-paru

Kehilangan 5-10% dari berat badan telah terbukti mengurangi sesak napas dan meningkatkan fungsi paru-paru.

Hati

Penurunan berat badan dapat mencegah perlemakan di hati atau sirosis. Sekadar informasi, hati berlemak dapat menimbulkan jaringan parut yang pada akhirnya menyababkan kanker hati atau gagal hati. Dengan menurunkan berat badan, maka perlemakan hati bisa diatasi.

Punggung

Kelebihan berat badan dapat membuat seseorang lebih rentan terhadap nyeri punggung. Sebaliknya, penurunan berat badan dapat membuat seseorang lebih mudah melakukan aktivitas dan menggerakkan tubuh.

Usus

Berat badan ideal dapat membantu melindungi seseorang dari kanker usus.

Otak

Tahukah Anda bila memiliki berat badan yang sehat dapat membantu menjaga otak tetap bekerja dengan baik seiring bertambahnya usia? Selain itu, fungsi otak juga dapat mengalami peningkatan. Penelitian menunjukkan fungsi ingatan dan proses penyelesaian masalah di mental dapat meningkat setelah penurunan berat badan. 

Payudara

Menurunkan 5% berat badan dapat menurunkan risiko kanker payudara sebesar 25-40%.

Lutut

Seseorang yang mengalami obesitas dengan indeks massa tubuh di atas 30 berisiko terkena osteoarthritis lutut. Dengan menurunkan paling tidak 1 kg, beban lutut dapat berkurang hingga 4 kali lipat sehingga mencegah osteoarthritis.

Kaki

Kelebihan berat badan dapat menurunkan lengkungan kaki, membuat kaki kurang stabil, dan dapat menyebabkan masalah seperti nyeri di kaki, lutut, pinggul, serta punggung bagian bawah. Namun, menurunkan berat badan dapat memperbaiki gejalanya hanya dalam waktu 12 minggu.

Jantung

Kehilangan 5-10% berat badan dikaitkan dengan penurunan ukuran jantung dan ketebalan arteri. Dengan begitu, risiko terkena serangan jantung menjadi menurun. (*)

BERITA REKOMENDASI