Berbuka Puasa dengan Kurma Ternyata Menyehatkan

SEMARANG,KRJOGJA.com – Muslim yang beriman akan merasa terpanggil untuk berpuasa saat bulan Ramadan. Barangkali muncul pertanyaan mengapa Allah memerintahkan hambaNya untuk ‘menderita’ kelaparan dan kehausan seharian, juga repot-repot bangun pagi buta untuk sahur? 

Menurut dosen Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Semarang (Unimus) dr Afiana Rohmani, MsiMed, Allah maha tahu apa yang terbaik untuk tubuh manusia karena Dialah yang mencipta manusia. Seperti halnya manusia menciptakan TV, handphone dan benda elektronik lainnya, tentu tahu bagaimana mengoperasikannya, bagaimana memeliharanya supaya awet dan sebagainya.  

Allah SWT memberikan keberkahan kepada orang yang berpuasa.  Sabda Nabi Muhammad SAW "Berpuasalah maka kamu akan sehat." Berbeda dengan kelaparan yang mengganggu kesehatan tubuh, pada puasa terjadi keseimbangan anabolisme dan katabolisme yang membantu regenerasi sel dan komponennya memproduksi glukosa darah dan mensuplai asam amino dalam darah sepanjang hari. Dalam berpuasa ada waktu untuk  berbuka dan sahur pada malam hari, ada saat-saat tubuh menerima masukan gizi dan kalori yang penting untuk menjalani aktifitas seharian” ujar Afiana Rohmani pada diskusi terbatas di kampus setempat belum lama ini.

Agar tetap fit dan sehat, tambah Afiana, Rosulullah melalui sabdanya, menganjurkan untuk berbuka dengan kurma. Meski hidup beratus tahun lalu, pada zaman kedokteran belum secanggih sekarang, Rasulullah sudah memberikan tips sehat sangat bermanfaat bagi kesehatan. Kurma mengandung gula, namun gula yang dikandungnya adalah karbohidrat komplek, bukan berupa karbohidrat sederhana, seperti yang ada pada gula, syrup, dan pemanis lain yang sering menjadi bahan menu utama buka puasa.

“Karbohidrat sederhana dapat membuat kadar gula darah cepat melonjak, kalorinya memang tinggi namun energi yang dihasilkan cepat habis, dan kompensasinya tubuh mudah menimbun lemak. Dampaknya kita malah merasa cepat gemuk selama bulan puasa, karena tanpa sadar saat berbuka kita membanjiri makanan manis yang mengandung karbohidrat sederhana."

"Sedangkan karbohidrat kompleks, seperti yang terkandung pada kurma, membutuhkan waktu cukup lama untuk diubah menjadi energi. Serat yang terkandung dalam kurma pun membuat pencernaan lancar dan energi tidak cepat habis. Sehingga mampu menjaga energi tersedia dalam waktu lama, cukup untuk beraktivitas selama berpuasa,” ujar Afiana Rohmani. (Sgi)

BERITA REKOMENDASI