Berikut Cara Konsumsi Kopi dengan Sehat

KOPI merupakan minuman yang sangat digemari banyak orang baik diminum di pagi hari maupun malam hari. Bahkan, kopi dipercaya dapat mencegah kantuk.

Namun kopi yang mengandung kafein tidak baik untuk kesehatan tubuh Anda dan dapat menyebabkan hipertensi dan penyakit jantung. Nah, berikut beberapa tips sehat yang dapat mengubah kencaduan Anda minum kopi, seperti dilansir Fearlesseating, Rabu (14/9/2016).

1. Pilih Kopi Organik

Kopi konvensional umumnya disemprot dengan pestisida yang berdampak buruk bagi kesehatan tubuh. Namun Anda dapat memilih kopi yang ditanam secara organik, ini jauh lebih sehat. Saat ini sudah banyak kopi organik yang diperjualbelikan.

2. Kurangi konsumsi gula ke dalam kopi

Ini mungkin hal yang terpenting untuk minum kopi secara sehat. Banyak orang tidak menyadari bahwa dengan mendambakan gula ke dalam kopi, justru Anda mendapatkan kadar gula yang lebih tinggi dibanding kafein.

Sebagai penggantinya, Anda bisa mendambahkan krim yang dapat mengurangi kadar gula di dalam secangkir kopi. Lemak di dalam krim akan mengurangi rasa pahit kopi. Krim juga memiliki rasa manis alami.

Namun, Anda disarankan tidak menggunakan 'creamer' yang mengandung minyak sayur terhidrogenasi, sirup jagung dan berbagai bagan kimia lainnya.

3. Beli Biji Kopi dan Haluskan Sendiri di Rumah

Biji kopi dengan kualitas sebaik apapun akan mulai mengalami kerusakan dan bisa berbau tengik jika terkena oksigen dan lembap.

Paparan oksigen dan lembap membuat kesegaran kopi menghilang dan mengurangi efek anti-oksidan dalam kopi yang bermafaat bagi kesehatan hati dan mencegah kerusakan sel-sel otak.

Para ahli gizi agak skeptis tentang manfaat kesehatan anti-oksidan dalam kopi. Tapi jika itu benar, anti-oksidan akan segera mengoksidasi setelah penggilingan dan mulai hilang jika disimpan terlalu lama dalam kondisi tempat yang lembap.

Sebaiknya Anda membeli biji kopi dan menghaluskannya sendiri di rumah lalu segera dinikmati. Ini jauh lebih sehat dan segar.

4. Minumlah Satu Cangkir per Hari

Seseorang yang sudah kecanduan bisa minum lebih dari sepuluh cangkir kopi tiap minggunya. Jika Anda seperti itu mulailah kurangi konsumsi kopi secara perlahan. Ini dapat mengurangi kadar kafein.

Cara lain mengurangi kadar kafein, Anda bisa membuat dengan teknik Swiss (dengan merendam biji kopi dalam air hangat kemudian dipangang dengan alat khusus untuk menghilangkan kandungan minyak, namun tetap mempertahankan rasa dan aroma kopi).

5. Minumlah Kopi Setelah Makan

Kebanyakan orang yang menyukai kopi, menenggak secangkir minuman mengandung kafein itu sambil menunggu sarapan disiapkan.

Ini sebaiknya dihindari, karena kafein dapat menyebabkan tubuh Anda melepaskan gula ke dalam aliran darah dan menyebabkan pankreas melepaskan insulin.

Saat perut kosong, ini dapat menyebabkan penurunan gula darah yang kemudian dapat membuat Anda ingin mengonsumsi makanan dengan kadar gula yang tinggi.

Selain itu, kafein dalam kopi juga akan menekan nafsu makan dan membuat Anda tidak merasa lapar. Memiliki makanan di perut dapat membantu Anda mengatur kadar gula dan meredakan sedikit efek kafein. (*)

BERITA REKOMENDASI