Berikut Cara Mencegah Pneumonia Sejak Bayi Tanpa Obat

SEJAK bayi sudah disuntikkan vaksin dasar wajib untuk mencegah banyak penyakit. Salah satunya yakni vaksin pneumonia yang bisa didapatkan bayi enam bulan.

Pneumonia disebabkan karena bakteri pneumococcus yang menyerang paru-paru. Si kecil mengalami gejala pneumonia yang dimulai dari demam, batuk dan pilek yang tak kunjung sembuh, sesak napas dan masih banyak lainnya.

Biasanya bayi yang lahir prematur berisiko tinggi mengidap pneumonia. Maka, sejak hamil, ibu harus menghindari faktor risiko lahir prematur. Nantinya, penyakit ini juga bisa berujung ke kematian.

Secara umum, pneumonia tidak menular secara langsung. Tetapi bakteri pneumococcus menyerang pernapasan bagian atas.

Tidak cuma vaksin, Anda juga dapat mencegah pneumonia tanpa obat. Berikut tiga cara sederhananya, dikutip Kidshealth, Sabtu (12/11/2016).

Bedakan peralatan makan yang digunakan

Jangan samakan peralatan makan si kecil dengan sesama anggota keluarga di rumah. Kita tidak tahu pasti penyebab pneumonia dan mungkin saja dari piring gelas atau sendok yang Anda gunakan bisa menjadi penyebab penyakit yang menyerang paru-paru itu.

Cuci tangan pakai sabun

Setiap akan memang bayi, siapapun harus cuci tangan pakai sabun. Cara ini sangat efektif mencegah bakteri penyebab pneumonia yang menyebar ke tubuh si kecil.

Jangan berikan saputangan bekas

Ketika mengelap kotoran atau keringat yang menempel pada tubuh bayi, hindari mengusap dengan saputangan bekas atau kotor. Lebih baik usap pakai tissue bersih karena tergolong lebih higienis. (*)

BERITA REKOMENDASI