Berikut Ciri Kanker Getah Bening, Catat Ya!

KANKER kelenjar getah bening adalah penyakit yang sangat mematikan dan menjadi momok yang menakutkan. Kanker kelenjar getah bening juga disebut sebagai kanker ganas yang menyerang sistem limfatik.

Limfatik itu sendiri adalah jaringan dan organ yang terdiri dari pembuluh getah bening, kelenjar getah bening dan kelenjar getah, dimana amandel, kelenjar gondok, limpa termasuk di dalamnya. Sistem limfatik merupakan bagian penting dalam membentuk pertahanan tubuh dalam menyaring segala keberadaan virus ataupun infeksi di tubuh kita.

Yuk kita kenali gejala-gejala penyakit kelenjar getah bening sebelum terlambat menyadarinya

1. Bengkak pada bagian kelenjar getah bening

Kelenjar getah bening akan keras bila ditekan dan bengkak tanpa sebab yang jelas dan disertai dengan benjolan yang timbul di kelenjar getah bening pada bagian leher, ketiak dan sela paha.

2. Demam

Demam adalah hal biasa untuk kita dimana menandakan tubuh sedang mengalami penurunan akibat virus atau bakteri yang menyerang sistem pertahanan tubuh. Tetapi untuk gejala kanker kelenjar getah bening, demam disertai badan mengigil, berkeringat di malam hari yang berkepanjangan.

3. Penurunan berat badan

Pada fase ini penurunan berat badan akan sangat drastis dikarenakan kondisi tubuh lebih banyak membakar energi melawan sel-sel kanker yang menyerang tubuh kita. Biasanya penurunan berat badan ini sebesar 5-10% setidaknya setiap 6 bulan

4. Selera makan yang berkurang

Pada kondisi ini para penderita kanker kelenjar getah bening akan kehilangan selera makan karena lidah terasa terus menerus pahit seperti sedang kurang sehat.

5. Mudah lelah

Para penderita kanker akan mudah sekali lelah dalam segala kegiatan dikarenakan kondisi tubuh kita yang sedang dalam kondisi sehat. Bila Anda mengalami mudah lelah yang terus menerus dalam segala kegiatan tanpa ada penjelasan, alangkah baiknya untuk mengecek kondisi kepada dokter.

6. Nyeri dada atau punggung dada

Kelenjar getah bening berada pada timus, yaitu organ kecil yang berada di antara paru dan sternum (tulang dada). Jika sel kanker memengaruhi timus, gejala nyeri pada dada bisa terjadi. Selain itu, sel kanker juga bisa menyerang limfa di sekitar punggung bawah. Kondisi ini menimbulkan pembengkakan dan memberi tekanan lebih pada saraf sumsum tulang belakang.

7. Nyeri perut

Rasa sakit dan nyeri pada bagian perut akan terjadi dikarenakan adanya pembengkakan pada bagian area dekat pankreas dan sudah merusak limpa yang pada area perut. (*)

BERITA REKOMENDASI