Berikut Gejala Hipertiroid Seperti Dialami Jet Li

TUBUH manusia terdiri dari berbagai kelenjar. Salah satunya adalah kelenjar tiroid. Kelenjar berbentuk kupu-kupu yang terletak di bagian depan leher ini berfungsi untuk mengatur metabolisme tubuh melalui pelepasan hormon-hormon.

Kelenjar tiroid menghasilkan tetraiodothyronine (T4) dan triiodothyronine (T3). Keduanya adalah hormon utama yang mengontrol kerja sel-sel tubuh dalam menggunakan energi. Apabila kedua hormon tersebut terlalu banyak diproduksi, akibatnya tiroid menjadi terlalu aktif. Kondisi ini dikenal dengan nama hipertiroid.

Ini Dampak Fatal Komplikasi Hipertiroid dan Hipotiroid
Hipertiroid bila dibiarkan dapat memberikan pengaruh buruk bagi kondisi kesehatan, khususnya jantung. Kondisi ini bisa menyebabkan fibrilasi atrium, aritmia berbahaya yang mengakibatkan stroke, serta gagal jantung kongestif. Bahkan aktor laga kawakan, Jet Li yang juga menderita penyakit ini sering mengalami penurunan kondisi tubuh walaupun sudah meminum obat.

Banyak hal yang dapat menyebabkan hipertiroid. Sebut saja penyakit Graves, gangguan autoimun, kelebihan yodium, tiroiditis, radang tiroid, dan tumor ovarium atau testis.

Hipertiroid bisa terjadi pada siapa saja namun perempuan lebih rentan terkena kondisi ini. Selain itu, terjadinya hipertiroid tidak mengenal usia. Bisa terjadi pada anak-anak, orang dewasa, hingga orang tua. Namun yang paling sering adalah mereka yang berusia 20-40 tahun. Maka dari itu penting untuk mengetahui gejala-gejala hipertiroid. Terlebih pada orang tua gejalanya sering tidak muncul.

Melansir Healthline, Selasa (22/5/2018), inilah sederet gejala hipertiroid :

1. Tingkat metabolisme tinggi

Jumlah T4 dan T3 yang berlebih dapat menyebabkan tingkat metabolisme yang sangat tinggi atau disebut dengan keadaan hipermetabolik. Kondisi ini membuat denyut jantung menjadi lebih cepat, tekanan darah tinggi, dan tremor tangan. Tubuh juga menjadi lebih mudah untuk berkeringat banyak dan tidak mudah menolerir panas.

2. Lebih sering buang air besar

3. Penurunan berat badan

4. Siklus menstruasi tidak teratur pada perempuan

5. Kelenjar tiroid yang membengkak atau dikenal dengan gondok. Kondisi ini biasanya terjadi di lehee.

6. Mata yang mungkin lebih menonjol, menjadi lebih sensitif pada cahaya, penglihatan buram, merah, atau gerakannya berkurang

7. Nafsu makan meningkat

8. Perasaan yang tidak menentu meliputi kegugupan, kegelisahan, dan mudah tersinggung

9. Ketidakmampuan untuk berkonsentrasi

10. Kesulitan untuk tidur

11. Rambut bermasalah meliputi mudah rontok, halus, rapuh, dan gatal

12. Mual dan muntah

13. Perkembangan payudara pada laki-laki

14. Pusing

15. Sesak napas

16. Hilang kesadaran (*)

 

 

 

BERITA REKOMENDASI