Berikut Jenis Kanker Limfoma yang Perlu Diketahui

ADA banyak jenis kanker limfoma. Beberapa di antaranya tumbuh dengan cepat dan agresif, dan lainnya berkembang dengan lambat atau kronis. Orang bisa hidup dengan limfoma kronis untuk waktu yang lama.

Tergantung pada jenis limfomanya, seseorang yang didiagnosis dengan limfoma bisa mendapat pengobatan kemoterapi, radioterapi, dan transplantasi sel induk.

"Kanker limfatik mudah dipahami dan pasien akan memiliki kebutuhan yang berbeda," tambah Pearce, seperti dikutip dari BT, Kamis (15/9/2016).

Limfoma Hodgkin

Kanker jenis ini lebih sering terjadi pada orang berusia 15-35 tahun atau 55 tahun ke atas. Ini mempengaruhi lebih banyak pria daripada wanita, namun banyak yang dapat berhasil diobati sampai sembuh.

Limfoma Non-Hodgkin (LNH)

Jenis ini lebih sering terjadi pada orang berusia di atas 55 tahun dan merupakan salah satu kanker paling umum yang mempengaruhi orang berusia lebih dari 75 tahun ke atas.

LNH dibagi menjadi dua jenis, yaitu LNH level tinggi yang banyak menyerang orang di atas usia 50 tahun dan dalam banyak kasus ini dapat disembuhkan. Sementara itu, LNH level rendah membutuhkan waktu lama untuk berkembang.

Namun, penderita kanker level ringan yang lambat ini membuat penderitanya baru mendapat penanganan ketika dalam stadium lanjut. Jika sudah dalam level ini, dokter umumnya akan melakukan tindakan pengendalian daripada penyembuhan. (*)

 

BERITA REKOMENDASI