Berikut Obat Tradisional Sakit Pinggang di Dapur Anda

Editor: Agus Sigit

Obat-obatan farmasi mungkin bukan satu-satunya jalan untuk menghilangkan rasa sakit. Pasalnya ada beberapa pilihan obat sakit pinggang herbal yang mungkin dapat membantu meringankan kondisi Anda.

Namun penting untuk berhati-hati, karena penelitian tentang obat sakit pinggang herbal masih terbatas, maka selalu konsultasikan ke dokter terlebih dahulu sebelum Anda mengonsumsi obat sakit pinggang herbal.

Berikut adalah beberapa obat tradisional sakit pinggang yang sering digunakan untuk menghilangkan rasa sakit seperti dikutip dari Hellosehat.com:

1. Capsaicin
Capsaicin adalah senyawa yang terkandung dalam cabai atau bumbu dapur lainnya yang memiliki cita rasa pedas. Senyawa ini bekerja dengan mengurangi zat alami tertentu dalam tubuh Anda (substansi P) yang membantu meloloskan sinyal rasa sakit ke otak.

Dalam dunia medis, capsaicin dapat dimanfatkan sebagai zat aktif yang digunakan untuk membantu mengobati sakit ringan dan nyeri otot/sendi, misalnya arthritis, sakit punggung, atau keseleo. Obat ini juga dapat digunakan sebagai obat tradisonal sakit pinggang dan nyeri saraf.

2. Jahe
Meskipun studi lebih lanjut diperlukan, namun penelitian terbaru menyebutkan jika ekstrak jahe dapat membantu mengatasi nyeri sendi dan otot karena mengandung phytochemical. Phytochemical sendiri adalah senyawa yang membantu menghentikan peradangan, sehingga dapat dijadikan obat tradisional sakit pinggang.

Dalam penelitian tersebut diketahui bahwa pasien yang secara teratur diberikan jahe mengalami perbaikan yang signifikan dalam rasa sakit, bengkak, dan rasa kaku.

3. Feverfew
Feverfew telah digunakan selama berabad-abad untuk mengobati sakit kepala, sakit perut, dan sakit gigi. Namun ternyata, obat herbal satu ini juga digunakan untuk migrain dan arthritis. Meski begitu, penelitian lebih lanjut diperlukan untuk mengkonfirmasi apakah feverfew sebenarnya efektif atau tidak sebagai obat tradisional sakit pinggang.
 

4. Kunyit
Tidak seperti jenis tumbuhan lainnya, National Center for Complementary and Alternative Medicine telah menemukan bahwa kunyit dapat bekerja terbaik dalam memerangi nyeri sendi ketika diambil secara efektif.

Kandungan kurkumin dalam kunyit dipercaya sebagai antiperadangan yang baik untuk mengurangi nyeri sendi. Penggunaan kunyit dengan dosis tinggi atau penggunaan jangka panjang dapat menyebabkan gangguan pencernaan. Itu sebabnya, konsultasi ke ahli herbal atau dokter Anda sebelum menggunakan kunyit sebagai obat tradisional sakit pinggang.

Berbagai pilihan obat sakit pinggang lainnya yang dapat Anda coba

Selain berbagai pilihan obat tradisional sakit pinggang di atas, sakit pinggang ringan dapat membaik dengan obat sakit pinggang alami. Berikut ini beberapa obat sakit pinggang alami yang dapat Anda coba:
 

1. Kompres dingin atau panas
Jangan meremehkan kompres dingin atau panas sebagai obat sakit pinggang herbal. Pasalnya, cara ini efektif untuk membantu proses penyembuhan sakit pinggang.

Dilansir dari WebMD, E. Anne Reicherter, PhD, PT, DPT, seorang profesor di University of Maryland School of Medicine mengatakan bahwa pemberian kompres dingin selama 24-48 jam (1-2 hari) hari setelah cedera dapat mengurangi peradangan. Setelah 48 jam, Anda dapat beralih ke kompres panas jika Anda menyukainya.

Baik itu kompres panas ataupun dingin, penting untuk memberikan jeda setidaknya 20 menit supaya kulit Anda dapat beristirahat. Jika setelah melakukan kompres nyeri masih berlanjut, segera konsultasi ke dokter.

2. Berendam air hangat
Saat Anda berendam air hangat, saraf dan otot yang menegang akan mengendur sehingga membuat Anda jadi lebih rileks. Tidak hanya itu, berendam air hangat juga dapat melancarkan sirkulasi darah dan merangsang produksi hormon dopamin untuk melawan stres dalam tubuh. Itu sebabnya, berendam air hangat dapat menjadi obat sakit pinggang herbal.

Untuk obat tradisional sakit pinggang, mandi 2-3 jam sebelum tidur bisa jadi pilihan terbaik. Pertimbangkan menggunakan bantal mandi untuk menyangga punggung dan pinggang Anda saat berendam air hangat.

3. Aktif bergerak
Jika memang memungkinkan, orang dengan sakit pinggang dianjurkan untuk banyak bergerak dibandingkan hanya tidur-tiduran saja. Ya, aktif bergerak sebenarnya obat tradisional sakit pinggang yang paling mudah Anda lakukan.

Tidak perlu melakukan gerakan yang berat dan ekstrem, cukup jalan kaki santai akan membantu mengurangi sakit pinggang yang Anda rasakan. Jika keadaan Anda sudah lebih baik, rutinlah melakukan latihan aerobik, berenang, bersepeda, atau sekadar berjalan kaki di taman.

Kunci obat sakit pinggang alami pada dasarnya hanya berusaha untuk bergerak setiap hari. Hentikan segara aktivitas yang dapat meningkatkan rasa sakit, namun jangan hindari berbagai aktivitas karena Anda takut sakit.

4. Pakai sepatu hak rendah
Selama sakit pinggang, hindari menggunakan sepatu hak tinggi untuk beraktivitas. Gantilah sepatu hak tinggi Anda dengan sepatu datar atau hak rendah (kurang dari 3 cm).

Ini karena sepatu hak tinggi akan membuat postur tubuh Anda jadi tidak stabil sekaligus meningkatkan tekanan pada pinggang Anda. Itu sebabnya, jangan remehkankah cara ini sebagai obat sakit pinggang alami.

5. Lakukan peregangan
Terlalu lama duduk dan menatap layar monitor dapat menyebabkan sakit pinggang. Itu sebabnya, jika Anda memiliki pekerjaan yang mengharuskan duduk lama, lakukanlah peregangan ringan setiap 20 menit sekali. Hal ini dapat Anda lakukan dengan cara bangun dari tempat duduk Anda dan berjalannya beberapa langkah.

Bila perlu, rancang ruang kerja sehingga Anda tidak perlu membungkuk terlalu lama saat melihat monitor. Gunakan kursi dan meja yang memberikan kenyamanan pada pinggang dan kaki Anda sehingga dapat membuat postur tubuh Anda tetap baik. Jadi mulai sekarang, sering-sering lakukan peregangan sebagai obat sakit punggung alami.

6. Ubah posisi tidur
Ketika Anda tidur, penting untuk menjaga lekukan alami tulang belakang dengan memastikan kepala, bahu, dan pinggul berada dalam keadaan yang selaras. Posisi tidur yang buruk bisa memberi tekanan pada bagian-bagian tersebut yang dapat memperparah rasa sakit pada bagian pinggang belakang. Oleh karena itu, penting bagi untuk memerhatikan posisi tidur sebagai obat tradisonal sakit pinggang yang tengah Anda alami. Lantas, posisi tidur seperti apa yang baik saat sakit pinggang?

Berbaring telentang dengan punggung lurus di atas kasur dianggap sebagai posisi tidur terbaik untuk sakit pinggang. Pasalnya, punggung berada dalam posisi lurus sehingga berat tubuh dapat tertopang dengan baik secara merata. Anda bisa menempatkan bantal kecil di bawah lutut sebagai penopang tambahan sehingga posisi tubuh dari kepala hingga kaki sejajar. Hal ini juga membantu tubuh untuk menjaga lekukan alami tulang belakang.

Selain itu, Anda bisa menggunakan posisi tidur menyamping dengan bantal atau guling diselipkan di antara kedua lutut. Bantal akan menjaga pinggul, panggul, dan tulang belakang Anda dalam posisi yang lebih baik. Jka Anda terbiasa tidur dengan memeluk guling atau bantal, Anda bisa tetap menggunakannya untuk membantu tidur lebih nyenyak dan menjaga punggung tetap sejajar. (*)

BERITA REKOMENDASI