Berkumur Antiseptik Ampuh Bunuh Covid-19 dalam 30 Detik

Sampai saat ini vaksin Covid-19 belum ditemukan. Karenanya, penting bagi setiap orang menerapkan tindakan pencegahan selain menjaga kesehatan, salah satunya berkumur dengan antiseptik.

Menurut studi in vitro yang dikeluarkan oleh Duke-National University Singapore, Povidone-Iodine (PVP-I) mampu membunuh 99,99 persen virus SARS CoV-2 dalam 30 detik. Hasil studi tersebut diumumkan oleh Mundipharma Indonesia.

Diharapkan dari temuan tersebut dapat membantu memberikan perlindungan ekstra kepada masyarakat dalam konteks pencegahan, khususnya tenaga kesehatan yang berisiko tinggi terpapar infeksi silang Covid-19.

Dikutip dari iNews.id, Direktur Pelayanan Kesehatan Rujukan, Kementerian Kesehatan Tri Hesty Widyastoeti menyebutkan, Kementerian Kesehatan selalu berusaha untuk segera mengatasi pandemi Covid-19 ini, memutus rantai infeksi penyebaranya dan tidak membuat fatality rate meningkat.

“Dengan adanya hasil studi ini pusat-pusat pendidikan, rumah sakit dan Rumah Sakit Rujukan yang menangani Covid-19 diimbau untuk dapat menjadikan informasi ini sebagai referensi dalam penanganan Covid-19, dan jika dimungkinkan dapat juga melakukan penelitian,” kata Dr. Hesty Salma keterangannya, di Jakarta.

BERITA REKOMENDASI