Berlebihan Makanan Manis saat Buka Puasa, Awas Kanker!

ANEKA kue manis memang menggoda untuk membatalkan puasa saat bedug Maghrib. Tapi jangan terlalu sering mengonsumsinya. karena bisa memicu kanker.

Para peneliti menemukan, pemanis buatan yang biasa digunakan untuk membuat kue yaitu mengandung satu jenis kanker yang disebut karsinoma sel skuamosa (SqCC). Bahayanya bisa menggerogoti paru-paru, kepala dan leher, esofagus dan serviks.

Dicurigai banyak sel kanker yang bergantung pada gula. Jenisnya tidak spesifik, tapi bisa mengancam nyawa.

Asisten Profesor dari Texas University Jung-Whan Kim menjelaskan, sel SqCC ditemukan memiliki kadar protein yang sangat aktif yang disebut transporter glukosa satu atau GLUT1. Ini bertanggung jawab untuk mengangkut glukosa ke dalam sel yang menyediakan sumber energi dan metabolisme sel bahan bakar.

"Sayangnya, banyak orang yang kecanduan gula. Konsumsi gula yang berlebihan tidak hanya menjadi masalah yang mengakibatkan komplikasi seperti diabetes. Tapi juga berpengaruh pada pemicu kanker," ujar Kim, dilansir Boldsky, Selasa (30/5/2017).

Untuk penelitian ini diselidiki perbedaan metabolisme antara dua subtipe utama kanker paru-paru sel kecil, adenokarsinoma (ADC) dan SqCC. Para peneliti menyelidiki efek inhibitor GLUT1 pada jaringan paru-paru manusia, sel kanker paru-paru terisolasi dan tikus dengan kedua jenis kanker paru non-sel kecil.

"Temuan kami menunjukkan bahwa GLUT1 bisa menjadi target potensial terapi obat baru, terutama untuk SqCC," tutupnya. (*)

 

BERITA REKOMENDASI