Bersalaman Boleh, Tapi Jangan Lupa Cuci Tangan Setelahnya

LEBARAN kali ini tentu berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, karena adanya pandemi COVID-19 yang menghantam seluruh dunia. Salah satu perbedaan yang paling mencolok adalah tidak boleh dilakukannya mudik, sebuah kebiasaan yang berlangsung setiap Idul Fitri.

Selain itu, salah satu yang juga tidak disarankan adalah berjabat tangan. Pasalnya, virus corona sangat mudah berpindah lewat jabat tangan.

Tapi, bukan berarti Anda tidak boleh benar-benar bersalaman. Yang pasti, setiap habis bersalaman Anda harus selalu mencuci tangan untuk menjaga kebersihan.

Seperti yang diungkapkan oleh Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo mengatakan, cukup sulit mencegah masyarakat kebiasaan warga untuk bersalaman. Meski kabar wabah virus korona gencar di berbagai media, namun tak mampu melunturkan budaya bangsa.

“Jadi, habis bersalaman kemudian kita cuci tangan, enggak apa-apa. Salaman jarak jauh (sambil bilang) ‘hai’, juga enggak apa-apa, terserah saja,” kata Ganjar.

“Sering-sering cuci tangan. Artinya, relasi antarmanusia ini jangan sampai kurang,” imbuhnya.

Seperti dilansir dari website WHO, dijelaskan bahwa mencuci tangan secara teratur dengan menggunakan sabun bisa menghindarkan diri dari penyebaran virus corona, selain melakukan physical distancing.

Sejatinya mencuci tangan dengan benar membutuhkan waktu kira-kira sepanjang saat kamu menyanyikan lagu ‘Happy Birthday’ sebanyak dua kali. Begini cara mencuci tangan ala WHO:

1. Pertama basahi telapak tangan dengan air keran. Kemudian tuangkan sabun secukupnya di telapak tangan.

2. Lalu tangkupkan kedua telapak tangan, kemudian gosokkan sabun yang telah dituangkan di telapak tangan berulang-ulang.

3. Selanjutnya letakkan telapak tangan kanan di atas punggung tangan kiri dengan jari yang terjalin. Kemudian letakkan telapak kiri di atas punggung telapak tangan kanan dengan jari yang terjalin. Ulangi agar semakin bersih.

4. Letakkan telapak tangan kanan ke telapak tangan kiri dengan jari saling terkait dan gosokkan.

5. Kemudian tangan kanan dan kiri saling menggenggam dan jari bertautan agar sabun mengenai kuku dan pangkal jari. Ini perlu dilakukan untuk menghancurkan jika ada virus di kuku.

6. Gosok ibu jari tangan kiri dengan menggunakan tangan kanan dan sebaliknya.

7. Lalu gosokkan jari-jari tangan kanan yang tergenggam di telapak tangan kiri dan sebaliknya. Keringkan tangan dengan sebuah handuk higienis. Lalu gunakan handuk tersebut untuk menutup keran. Nah, sekarang tanganmu sudah aman dari virus corona.

BERITA REKOMENDASI