Bibir Pecah-Pecah? Ini Penyebabnya

SETIAP orang pasti pernah mengalami keluhan pada bibirnya, termasuk kering dan pecah-pecah. Kondisi seperti ini tentunya dapat membuat kenyamanan seseorang menjadi terganggu.

Bibir pecah-pecah atau retak-retak (cheilitis) adalah kondisi yang sangat umum dan kebanyakan orang pernah mengalaminya. Bibir pecah-pecah bisa disebabkan oleh tubuh yang tidak memiliki cukup air. Tetapi, ada alasan lain dibalik bibir yang pecah-pecah seperti dilansir Boldsky:

1. Demam

Jika Anda menderita demam dan terus-menerus merasa haus atau dehidrasi, itu bisa menjadi alasan di balik bibir yang pecah-pecah. Ketika suhu tubuh meningkat karena demam, tubuh Anda cenderung kehilangan air. Maka dari itu, perlu mengonsumsi lebih banyak air untuk melembabkan bibir Anda.

2. Muntah

Muntah penyebab kehilangan cairan. Banyaknya cairan yang keluar ketika Anda muntah, kulit cenderung mengalami dehidrasi dan ini dapat menyebabkan bibir pecah-pecah.

3. Kondisi Medis

Masalah kesehatan tertentu seperti diabetes dan amebiasis juga dapat menyebabkan dehidrasi. Hal ini, mungkin tidak langsung menyebabkan bibir pecah-pecah.

4. Lingkungan

Kondisi iklim mempengaruhi bibir Anda. Panas yang ekstrim, dingin, dan angin juga bisa jadi alasan di balik bibir pecah-pecah. Tubuh mencoba untuk menyesuaikan diri di sekitarnya. Hal tersebut membuat bibir mengalami dehidrasi. (*)

BERITA REKOMENDASI