Bikin Kopi Lebih Nikmat & Sehat, Ini Caranya

Editor: KRjogja/Gus

KOPI mengandung antioksidan yang menyehatkan tapi jika disajikan dengan cara salah maka efek antioksidannya tidak akan lagi berpengaruh untuk tubuh. Sebagai penikmat kopi tentu ingin memanjakan lidah dengan rasa kopi, namun tubuh juga perlu asupan yang sehat.

Untuk membuat secangkir kopi nikmat yang juga sehat, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan. Dilansir dari Prevention, Kamis (13/10/2016), berikut empat cara yang bisa jadi acuan. Tidak hanya berlaku untuk kopi, cara ini juga bisa diterapkan pada suguhan teh.Pilih kopi atau teh organik

Tanaman kopi atau teh sebagian besar disemprot menggunakan pestisida untuk mengusir hama yang datang dan merusak tanaman. Sebagai jalan alternatifnya, Anda sebaiknya memilih kopi atau teh dengan label organik. Produk ini lebih terjamin karena tidak menggunakan pestisida atau pengusir hama berbahan kimia.

Beli di penjual langganan

Kopi adalah komoditas yang paling dicari di dunia setelah minyak. Hal ini banyak memicu pedagang untuk melakukan kecurangan pada produk yang dijualnya. Sebagai cara aman, Anda sebaiknya membeli kopi pada penjual langganan agar terhindar dari penipuan produk baik dari jenis maupun kualitas. Kopi yang berkualtas pastinya memiliki rasa yang lebih nikmat.

Pilih alternatif pengganti susu sapi

Susu sapi termasuk sumber protein yang banyak dikonsumsi masyarakat tapi kandungan dalam susu sapi termasuk yang tinggi lemak dan gula, oleh karenanya pilih alternatif susu nabati. Anda bisa menggunakan susu almond, sisi kedelai ataupun susu beras atau air tajin sebagai bahan campuran dalam kopi.

Hindari whipping creamAnda pasti tahu seberapa tinggi kandungan gula dan lemak dalam whipping cream. Krim lembut ini memang membuat kopi terasa lebih enak, apalagi bagi kaum hawa. Tapi cobalah memikirkan jangka panjang untuk efek kesehatan yang akan ditimbulkan akibat banyaknya asupan whipping cream. (*)

 

BERITA REKOMENDASI