Kulit Tetap Lembap Setelah Cuci Tangan, Ini Caranya

PADA masa pandemi Covid-19, cuci tangan pakai sabun harus dilakukan setiap waktu. Kebiasaan cuci tangan bahkan harus menjadi kenormalan baru sesuai anjuran pemerintah.

Namun sehabis cuci tangan mungkin Anda merasa risih karena efeknya bisa bikin kulit kering. Padahal cuci tangan tak bisa dihindari demi mencegah penyebaran Covid-19.

Tak perlu khawatir ya, dilansir Okezone dari Healthline, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menjaga kulit tetap sehat, meskipun sering mencuci tangan. Mari simak ulasannya yuk!

Cuci dengan air hangat

Dr Daniela Kroshinsky dari Massachusetts General Hospital menyebutkan, cuci tangan dilakukan selama 20 detik seperti menyanyikan lagu “Selamat Ulang Tahun” dua kali. Ia menyarankan untuk menggunakan air hangat karena air panas akan membuat kulit kering.

Gunakan sabun pelembap

Tidak jarang sabun bisa membuat kulit menjadi kering. Oleh karena itu, gunakan sabun pelembab karena sabun ini mengandung glycerin dan lanolin. Jangan gunakan sabun batas karena memiliki PH (derajat keasaman) yang tinggi.

Pakai balsem kulit

Bila kulit Anda mengalami eksim atau psoriasis, kulit kering pas menjadi salah satu tandanya. Untuk itu, Anda dapat menggunakan balsam kulit dan yang mengaplikasikannya langsung pada kulit yang terluka. Balsem berguna untuk menghindari kulit dari kerusakan lebih lanjut.

BERITA REKOMENDASI