BPOM akan Pastikan Kelayakan Jamu untuk Ringankan Gejala Komorbit

BELAKANGAN ini ramai dibicarakan obat herbal yang diklaim dapat menyembuhkan Covid-19. Tapi, hal itu langsung dibantah oleh Kementerian Kesehatan RI (Kemenkes).

Kepala Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Tanaman Obat dan Obat Tradisional, Badan Litbang Kesehatan Kementerian Kesehatan (Kemenkes), Akhmad Saikhu mengatakan, obat Covid-19 satu-satunya adalah anti-virus berupa vaksin.

Dia menjelaskan, saat ini vaksin tersebut masih dalam proses penelitian. Oleh sebab itu, ia mengatakan bahwa penggunaan obat tradisional yang beredar luas saat ini, tidak dapat menyembuhkan Covid-19.

“Jamu (obat tradisional) ini adalah untuk komorbit (penyakit penyerta) dari Covid-19, artinya bisa dipergunakan untuk meringankan gejala-gejala penyerta,” ujar Akhmad dalam siaran pers BNPB, Kamis (6/8/2020).

Sehubungan dengan hal tersebut, Direktur Standarisasi Obat Narkotika, Psikotropika, Prekusor dan Zat Adiktif, Togi Junuce Hutadjulu mengatakan bahwa Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) bertugas untuk memastikan kelayakan obat tradisional.

BERITA REKOMENDASI