Bubur Sumsum Tingkatkan Imunitas Tubuh

Editor: KRjogja/Gus

SEBAGIAN asupan mempunyai citarasa serta tekstur tersendiri, bahkan kandungan nutrisinya dapat berperan mencegah dan melawan keluhan kesehatan. Sebagai contoh asupan menyehatkan bubur sumsum serta bubur kacang hijau (burjo).

Cara mengkonsumsi kedua jenis bubur ini dapat juga dikombinasi, sehingga dalam satu mangkok ada dua jenis bubur. Keduanya sama-sama memiliki manfaat kesehatan. Bubur sumsum antara lain dapat membantu meningkatkan kekebalan ataupun imunitas tubuh. Bahkan bagi ibu hamil sebagai penambah darah, sehingga tak perlu mengkonsumsi suplemen penambah darah berbahan kimia.

Dilansir dari harianmerapi.com, adapun bahan baku bubur sumsum, yakni tepung beras diyakini mengandung banyak nutrisi, antara lain ada mineral, vitamin dan serat yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan usus ataupun sistem pencernaan secara umum. Karena mengandung karbohidrat, tepung beras juga bisa menjadi pengganti nasi serta sumber energi.

Sedangkan bahan santannya yang mengandung lemak jenuh, antara lain dapat membantu meningkatkan energi. Bahkan dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, karena bersifat sebagai antibakteri juga antivirus. Tak ketinggalan, santan kelapa juga dapat mencegah serta melawan radang tenggorokan. Lalu sirup atau juruh terbuat dari gula Jawa ataupun gula aren membantu meningkatkan sistem kekebalan (imunitas) tubuh. Pasalnya, mengandung sejumlah vitamin seperti thiamin, niacin, riboflafin, vitamin C, asam folat serta mineral.

Selain itu bubur sumsum disajikan sebagai menu bagi orang yang sedang sakit, terutama penderita sakit pencernaan maupun sakit gigi. Bubur sumsum pun sangat baik bagi penderita asam lambung, sebab bisa menetralkan asam lambung, sehingga berperan meredakan nyeri lambung. Adapun kandungan gizi pada kacang hijau sebagai bahan baku burjo antara lain ada protein, lemak, vitamin A, B1, 1,157 IU, mineral berupa fosfor, zat besi dan magnesium. Selain itu dipercaya bisa membantu melawan radang ginjal, melancarkan pencernaan, tekanan darah tinggi (hipertensi) dan mengatasi keracunan

alkohol. Bahkan bisa sebagai musuh gatal-gatal karena biang keringat, muntaber serta membantu menguatkan fungsi limpa di dalam tubuh. Tak ketinggalan dapat berperan membantu memperlancar air seni alias sebagai peluruh kencing.

Berikut ini KRjogja.com akan membagikan resep bubur sumsum lembut dan menyehatkan. Bubur sumsum ini bisa dibuat secara sederhana dirumah dan cocok dijadikan menu sarapan. Berikut ini resep pilihan yang diolah dari berbagai sumber:

1. Bubur Sumsum sederhana

Bahan:

250 gram tepung beras

1.500 gram santan dari 1 1/2 butir kelapa

2 gram garam

2 lembar daun pandan Bahan saus gula merah atau saus kinca

250 gram gula merah

100 gram gula pasir

250 gram air

2 lembar daun pandan

Cara membuat bubur sumsum:

1. Larutkan tepung beras dalam 200 gram santan. Aduk rata.

2. Campur sisa santan bersama garam dan daun pandan. Masak dengan api sedang sampai mendidih. Tambahkan larutan tepung beras. Aduk sampai adonan mendidih kembali.

3. Setelah bubur lembut dan matang. Angkat dan sisihkan.

4. Saus gula merah: campur gula merah, gula pasir, air, dan daun pandan pada panci. Masak sampai gula larut dan mendidih.

5. Angkat saus gula merah. Saring.

6. Tuangkan bubur sumsum ke mangkuk saji. Siram dengan saus gula merah.

Selain bubur sumsum sederhana, kita juga bisa membuat variasi menu bubur sumsum yang menggugah selera. berikut beberapa alteratif olahan bubur sumsum seperti dikutip dari www.fimela.com.

2. Bubur Sumsum Mutiara
bubur sumsum mutiara
Ilustrasi bubur sumsum mutiara./Copyright shutterstock.com/id/g/Rifki+Alfirahman

Bahan Bubur

100 gram tepung beras
1 liter santan kelapa
2 lembar daun pandan, ikat simpul
1/4 sdt garam
75 gram sagu mutiara yang sudah direbus dan ditiriskan

Bahan Kuah

250 gram gula merah, disisir
5 sdm gula pasir
2 lembar daun pandan, ikat simpul
250 air

Cara Membuat

1. Siapkan panci. Masukkan semua bahan bubur (kecuali sagu mutiara), aduk rata hingga tidak ada yang bergerindil. Masak dengan api kecil sambil terus diaduk-aduk hingga meletup-letup. Tambahkan mutiara sagu yang sudah direbus, aduk sebentar. Angkat.

2. Siapkan panci baru. Masukkan semu bahan kuah. Masak hingga gula larut dan mendidih. Angkat dan saring.

3. Sajikan bubur sumsum mutiara dengan kuah gula.

3. Bubur Sumsum Candil

Bahan-Bahan

100 gram tepung beras
65 ml santan kelapa
800 ml
1/3 sdt garam

Bahan Bubur Candil

250 gram ubi jalar, dikukus lalu dihaluskan
80 gram tepung sagu, larutkan dengan sedikit air
1/3 sdt garam
800 ml air
150 gram gula merah
4 sdm gula pasir
2 lembar daun pandan, ikat simpul

Cara Membuat

1. Masukkan santan ke panci. Tambah 500 ml air dan garam.

2. Larutkan tepung beras dengan sisa air 300 ml. Aduk hingga tepung larut.

3. Masak santan sambil terus diaduk hingga hampir mendidih. Masukkan larutan tepung beras. Aduk cepat hingga mengental dan meletup-letup. Matikan api.

4. Campur ubi yang sudah dihaluskan dengan tepung sagu dan garam. Bentuk bulat-bulat sampai adonan habis.

5. Masak gula merah, daun pandan, dan air hingga mendidih. Masukkan bulatan candil, Masak hingga mengapung. Tambakhkan larutan sagu. Masak hingga kuah mengental.

6. Sajikan bubur sumsum dan candil. Nikmati selagi hangat.

4. Bubur Sumsum Hijau

Bahan Bubur

150 gram tepung beras
65 ml santan kelapa
750 ml air
1/4 sdt garam
1 simpul daun pandan
1 sdt pastan pandan

Bahan Kuah Gula

5 keping gula merah, disisir halus
250 ml air
1 simpul daun pandan
1/4 sdt garam

Cara Membuat

1. Campur santan, air, dan daun pandan. Aduk rata. Bagi dua. Satu bagian dididihkan, satu bagian dicampur dengan tepung beras dan pasta pandan.

2. Tuang adonan tepung beras ke larutan santan yang sudah mendidih. Aduk rata dan masak hingga mengental menjadi bubur. Matikan kompor.

3. Untuk membuat kuah, masak semua bahan kuah hingga mendidih.

4. Sajikan bubur sumssum hijau dengan kuah gula.

Selamat mencoba!

BERITA REKOMENDASI