Bunga Krisan Mampu Redam Panas Dalam

Editor: KRjogja/Gus

SEBAGIAN jenis tanaman hias yang memiliki tampilan bunga cukup indah dan khas diyakini memiliki manfaat atau khasiat kesehatan. Sehingga dapat dikelompokkan juga sebagai tanaman hias yang berkhasiat obat.

Adapun bagian tanaman yang dimanfaatkan atau berkhasiat obat alami, antara lain bagian akar atau umbi, bunga, daun, biji, batang maupun kulit batang. Jenis tanamannya antara lain bunga krisan, mawar, melati, kana, jengger ayam, kastuba, tapak dara dan bunga matahari.

Penggemar tanaman asal Sleman, Ny Marsono dan suaminya termasuk senang juga mengoleksi tanaman hias yang juga mempunyai manfaat kesehatan.
“Tanaman bunga krisan termasuk salah satu diantaranya. Beberapa sumber juga menyebutkan, bagian bunga dari tanaman ini dapat diolah menjadi wujud teh kesehatan,” jelasnya seperti dikutip dari harianmerapi.com.

Sedangkan garis besar untuk mengolah menjadi teh kesehatan, misalnya Caranya cukup dijemur sampai benar-benar kering, sehingga menjadi layaknya teh biasa. Minuman teh kesehatan seperti ini dapat dipadu dengan madu murni saat akan diminum. Khasiat kesehatannya, antara lain dapat membantau mengatasi panas dalam, influenza serta demam. Tak ketinggalan, bisa berperan pula untuk terapi membersihkan liver, sakit kepala, hipertensi atau darah tinggi dan sinusitis.

“Warna bunga krisan ada beberapa jenis, seperti putih, kuning, kecoklatan dan pink. Ketika akan dijadikan obat alami, tak perlu merasa eman-eman memetik bagian bunganya,” tandas Ny Marsono.

BERITA REKOMENDASI