Carica Jaga Kesehatan Saluran Pencernaan

BUAH carica sudah tak asing lagi. Pemilik nama lain pepaya gunung ini antara lain banyak tumbuh di kawasan dataran tinggi Dieng Jawa Tengah. Banyak petani rutin menanamnya, sebab memunyai banyak manfaat bagi kesehatan tubuh.

Ketika diproses menjadi suatu minuman, selain mempunyai rasa segar dan khas juga ada khasiat kesehatannya. Tak ketinggalan dapat mendukung perekonomian warga, sebab carica mudah dipasarkan. Penjual carica yang sudah diproses seperti menjadi manisan dan minuman lain pun bisa ditemukan di berbagai tempat.

Penjual minuman berbahan carica banyak yang merasa senang menjalani usahanya, sebab berkeyakinan bisa memberikan kontribusi kepada masyarakat dalam menyediakan minuman berbahan alami pendukung kesehatan. 

Satu di antaranya Riyanti yang berjualan minuman carica di kawasan Mantrijeron Yogya. Ia sendiri meyakini, ada banyak banyak kesehatan jika bisa rutin mengkonsumsi carica. "Carica banyak diyakini mempunyai banyak kandungan vitamin seperti vitamin C dan A. Selain itu kaya serat dan mempunyai kandungan anti oksidan yang tinggi,” jelasnya, baru-baru ini.

Beberapa manfaat carica antara lain membantu menjaga kesehatan mata sebab mempunyai banyak kandungan vitamin A, sama halnya ketika bisa rutin mengkonsumsi  wortel. Selain itu bisa menjaga kesehatan ataupun melancarkan pencernaan. Pasalnya,  carica mengandung serat yang cukup tinggi, sehingga dapat membantu memperoleh kesehatan pencernaan yang lebih baik. Adanya  vitamin C dalam carica juga dapat membantu pembentukan kolagen yang sangat baik untuk menyehatkan kulit.

Kandungan vitamin E yang terdapat dalam carica ini juga dapat membantu menjaga kelembaban kulit serta melindungi kulit dari paparan sinar ultra violet yang bisa berdampak kurang bagus bagi kulit. Bahkan kandungan  vitamin C pada carica memiliki kemampuan sebagai senyawa antioksidan.  Senyawa ini  berperan penting dalam menjaga kesehatan tubuh dan melindunginya dari bahaya radikal bebas yang dapat menyebabkan beberapa gangguan kesehatan. Ada lagi yang meyakini carica bisa membantu program diet penurunan berat badan, tentu saja dengan dibarengi rajin berolahraga serta pola makan/pola hidup yang sehat.

“Untuk mendapatkan buah carica, suami saya datang langsung ke daerah dataran tinggi Dieng serta seputaran Wonosobo. Setelah itu diproses di rumah dijadikan semacam sirup atau manisan sehingga bisa lebih awet,” jelas Riyanti. (Yan)

BERITA REKOMENDASI