Catat! Obat Generik dan Paten Kualitasnya Sama

MASYARAKAT kadang masih bingung antara obat generik dengan obat paten. Bahkan, ada satu lagi, obat branded generik. Ketiga jenis obat tersebut sebetulnya sama secara formulasi. Ya, tentunya baik untuk kesembuhan suatu penyakit.

Tapi, anggapan bahwa obat generik itu obat murahan sepertinya harus segera dihilangkan. Sebab, obat generik walaupun memang harganya tidak mahal, kualitasnya tetap baik untuk kesembuhan suatu penyakit.

Nah, terkait dengan kualitas, masyarakat pun mempertanyakan keefektifan obat generik dalam membunuh penyakit. Namun, sepertinya anggapan obat generik tidak bisa menyembuhkan dengan baik pun harus segera dihilangkan. Sebab, dijelaskan Ketua Umum Apoteker Indonesia Drs. Nurul Falah Eddy Pariang, Apt tidak ada penurunan kualitas dari obat paten ke obat generik.

Salah satu alasannya adalah penentuan formularium untuk kedua jenis obat tersebut hampir sama. "Bahkan, jika melihat daftar obat yang dipakai pemerintah, kebanyakan dari obat tersebut adalah obat generik. Jadi, seharusnya tidak ada lagi keraguan untuk mau mengonsumsi obat generik," paparnya saat diwawancarai Okezone di Peluncuran Kemasan Baru Obat Generik Kalbe, dalam rangkaian acara Pertemuan Ilmiah Tahunan Ikatan Apoteker Indonesia di ICE, BSD, Kamis (7/9/2017).

Nurul melanjutkan, jika merunut dari keberadaan obat generik, formula dari obat ini tidak hilang karena memang harus dipertahankan. Jadi, dari obat paten yang mana masa bertahannya 20 tahun, kemudian diturunkan menjadi branded generik. Nah, ketika sudah ada branded generik, mana perusahaan tertentu baru bisa membuat obat generik dari formula awal yang memang tidak sembarangan untuk dikasih tahu "bahan baku utamanya".

Sementara itu, terkait dengan memilih obat generik yang baik dan tepat, Nurul menambahkan, ada 2 cara sederhana yang bisa dijadikan pedoman. Yang pertama adalah jeli dalam melihat merk dari generik itu sendiri. Jangan asal menerima obat generik dari sembarang perusahaan obat.

Kemudian, yang lainnya adalah beli obat generik di tempat yang pasti. Jangan coba-coba membeli obat generik dari sembarang tempat. Ingat, apa yang Anda beli akan menentukan kesehatan Anda setelahnya. (*)

BERITA REKOMENDASI