Cegah Covid-19 Pada Orang Dengan Komorbid

JAKARTA, KRJOGJA.com – Orang dengan penyakit bawaan (komorbid) paling rentan tertular virus corona.

Dokter Spesialis Penyakit Dalam, dr. Candra Wiguna dalam diskusi virtual di BNPB, Kamis (5/11) menjelaskan orang dengan komorbid harus lebih disiplin dalam menjalani protokol kesehatan. Yakni memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan.

“Karena dia lebih rentan dia harus mengusahakan lebih. Dia juga diminta untuk mengendalikan penyakit penyerta ini,” kata dr Candra Wiguna dalam talk show virtual BNPB Jakarta,Kamis (5/11 2020) dengan tema

Pasien konfirmasi positif COVID-19 dengan komorbid atau penyakit bawaan menjadi kelompok yang rentan.

Di beberapa daerah 90 persen kematian, seperti Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Sulawesi Selatan disebabkan oleh komorbid. Karena itu, masyarakat dengan komorbid dianjurkan lebih waspada dan disiplin menerapkan adaptasi kebiasaan baru agar terhindar dari Covid-19.

Cegah Covid-19 Pada Orang Dengan Komorbid”

Jika orang yang memiliki riwayat hipertensi, orang tersebut diharapkan  bisa lebih intens konsultasi dengan dokternya. “Jika  perlu  minum obat untuk menurunkan tensi seperti yang diinginkan.Kemudian yang diabet, dia minum obat sampai terkendali gulanya,” tutur Chandra.

Konsultasinya tentu bisa langsung ke rumah sakit. Apalagi kalau perlu pemeriksaan fisik lebih lanjut.

“Pada saat ini banyak pasien khawatir datang ke RS karena khawatir dan dianggap banyak virusnya. Tapi sebetulnya di mana saja banyak. Untuk ini sudah ada usaha-usaha dan terobosan yang kita lakukan. Ada layanan telemedicine,jadi silahkan dimanfaatkan” ujar Chandra.(ati)

BERITA REKOMENDASI