Cegah Obesitas Dengan Daun Singkong, Ini Caranya

Editor: KRjogja/Gus

SEBAGIAN jenis tanaman berkhasiat obat cukup mudah dibudidayakan. Ketika bisa tumbuh baik, beberapa bagian dari tanaman tersebut dapat dimanfaatkan untuk membantu mencegah dan melawan gangguan kesehatan. Beberapa jenis tanaman sayur pun diyakini ada khasiat kesehatannya, antara lain dimanfaatkan bagian daun, bunga, biji serta buahnya.

Tugiman asal Gamping Sleman mengungkapkan sejumlah jenis daun bisa untuk pakan ikan, bisa juga disayur untuk manusia. Selain bercita rasa khas, juga memiliki nilai gizi dan menyehatkan. Antara lain jenis daun singkong, pepaya biasa dan pepaya Jepang. Untuk memperoleh khasiatnya bisa diolah menjadi beberapa jenis masakan, cukup direbus maupun dijadikan lalapan.

“Rutin mengkonsumsi olahan daun singkong dapat membantu mencegah berat badan berlebih atau obesitas. Artinya juga cocok dikonsumsi yang sedang menjalankan program diet penurunan berat badan,” jelasnya seperti dikutip dari harianmerapi.com..

Alasan memiliki khasiat tersebut, antara lain daun singkong mempunyai sangat rendah kalori. Dengan demikian mengkonsumsi daun singkong secara rutin, asal tak berlebihan akan memberikan efek rasa kenyang. Ketika ada yang sedang sulit BAB, daun singkong mampu mengatasi sembelit dan melancarkan sistem pencernaan. Selain itu, daun singkong juga diyakni dapat membantu mengatasi serangan reumatik, sakit kepala, luka bernanah, obat flu, mengatasi cacingan, serta meningkatkan stamina tubuh.

BERITA REKOMENDASI