Cegah Serangan Hama dengan Tanaman Bunga

PERNAH melihat beberapa jenis tanaman hias dengan bunga-bunga tampil cantik berada di sekitar lahan pertanian? Sampai-sampai ada pengguna jalan berhenti sejenak untuk berselfieria.

Selain mampu memperindah lingkungan ataupun menyejukkan mata diyakini pula bisa membantu mencegah serangan hama, misalnya tanaman padi, sayur dan buah. Nizarudin yang punya lahan tanaman jambu biji kristal dan pepaya di kawasan Argorejo Bantul meyakini hal tersebut,  sehingga ia menanam tanaman bunga celosia serta kenikir di lahan pertaniannya.

“Dengan memandang bunga-bunga seperti ini mampu memberi rasa senang tersendiri. Berbagai sumber juga menyebutkan ada fungsi mencegah hama tanaman,” jelasnya, baru-baru ini.

Menurut Nizar, jenis tanaman dengan bunga indah, seperti kenikir, celosia, matahari dan bunga kertas mampu menyediakan makanan misalnya wujud nektar dan polen bagi beberapa jenis serangga yang menjadi musuh alami hama tanaman. Artinya juga serangga akan merasa nyaman dan bugar ketika berada di lahan pertanian dan siap bergerak membasmi si hama tanaman.

“Ada juga tanaman-tanaman dengan bunga maupun daun yang menebarkan aroma tak disukai oleh hama tanaman, satu di antaranya jenis-jenis bunga kenikir,” tandas Nizar.

Lelaki ramah ini menambahkan, tanaman-tanaman jambu biji kristal serta pepaya di lahan pertaniannya bisa tumbuh sehat-sehat dan tak diserang hama. Bahkan tak perlu menyemprotkan pestisida kimia secara berkala. Pupuk rutin yang diberikan terutama jenis pupuk kandang yang ditebarkan di sekitar tanaman. Pupuk seperti ini selain mampu mendukung kesuburan tanaman juga menjaga kelembaban tanah.

Dengan kelembaban tanah yang terjaga, saat musim kemarau pun tidak terlalu berpengaruh pada tanaman. Apalagi di dekat tanaman juga ditebar jerami yang juga membantu menjaga kelembaban tanah. Selain pupuk kandang, secara berkala disemprot juga dengn pupuk organik cair yang diproduksi oleh rekannya. Pupuk organik cair ini setiap 10 mililiter dapat dicampur dengan lima liter air. (Yan)

BERITA REKOMENDASI