Cegah Stunting dengan Gizi Baik

MEMPERINGATI Hari Gizi Nasional ke-60 di Kabupaten Sleman, Dinas Kesehatan Kabupaten Sleman fokus sosialisasikan tentang 1.000 Hari Pertama Kelahiran kepada para pelajar Sleman di Museum Gunung Merapi, Kamis (30/1/2020). Selain itu, pada peringatan tersebut juga diadakan kegitan pengecekan kesehatan secara gratis.

Wakil Bupati Sri Muslimatun berharap kegiatan tersebut dapat menjadi sarana guna meningkatkan pengetahuan dan kesadaran bagi seluruh masyarakat khususnya generasi muda sejak dini tentang pentingnya 1000 Hari Pertama Kelahiran (HPK). "Kesadaran dan pemahaman tentang periode 1000 HP yang dimulai sejak janin dalam kandungan hingga anaka berusia 2 tahun, masyarakat dapat memahami tentang masa kritis yang menentukan masa depan seorang anak," katanya.

Di hadapan para pelajar SMA, Sri Muslimatun mengimbau untuk membiasakan diri sejak dini untuk memperhatikan kesehatan dan gizi pada remaja. "Dampak buruk kekurangan gizi pada periode 1000 HPK akan berdampak pada kualitas sumberdaya generasi penerus bangsa, sehingga permasalahan gizi dan kesehatan pada remaja sangat mempengaruhi kualitas pada saat usia produktif," tambahnya.

Sementara Kepala Dinas Kesehatan Sleman Joko Hastaryo mengatakan, HGN tahun 2020 yang bertemakan 'Gizi Optimal Untuk Generasi Milenial' tersebut, penting bagi remaja milenial ini tentang pentingannya pencegahan balita stunting dan perbaikan gizi remaja di Kabupaten Sleman. "Persoalan remaja tidak dapat diselesaikan oleh bidang kesehatan saja, namun memerlukan dukungan, sinergitas dan juga kontribusi lintas program, lintas sektroal, profesi dan seluruh mitra pembangunan," katanya.(Has)

BERITA REKOMENDASI