Cegah Stunting, Pusat Riset Internasional Hadir di Yogyakarta

YOGYA, KRJOGJA.com –  Danone meresmikan pembukaan pusat riset Danone Nutricia Research Sarihusada Research & Innovation (R&I) Center yang berlokasi di pabrik Sarihusada, Muja Muju, Yogyakarta.

Fasilitas riset dan inovasi bertaraf internasional ini dilengkapi dengan keahlian sains dan teknologi terbaru. Adanya pusat riset dan inovasi di Yogyakarta akan mampu mendorong upaya Danone di Indonesia untuk mengembangkan inovasi produk nutrisi yang berperan penting dalam membantu penanganan berbagai isu kesehatan yang terjadi di Indonesia seperti stunting dan anemia.

“Danone berkomitmen untuk membawa kesehatan melalui produk pangan ke sebanyak mungkin masyarakat dunia, dan Indonesia adalah fokus penting bisnis kami. Fokus kami di Indonesia adalah untuk berkontribusi menjawab tantangan pemenuhan nutrisi yang dihadapi ibu dan anak termasuk faltering growth (pertumbuhan yang terhambat) dan stunting," ungkap Presiden Direktur PT Sarihusada Generasi Mahardhika Connie Ang di sela peresmian, Rabu (24/07/2019).

Menurut Connie peningkatan kapasitas pusat riset dilakukan dengan melengkapi empat fasilitas berteknologi tinggi, yaitu Pilot Plant, Laboratorium Pengembangan Produk dan Bahan Baku, Laboratorium Sensori, dan Laboratorium Pengemasan. Fasilitas ini akan mempermudah Danone untuk melakukan proses simulasi prototipe produk secara mandiri; mulai dari menggali insight sains dan teknologi, melakukan studi klinis untuk keamanan dan efektifitas produk, mengembangkan produk, melakukan studi pengemasan, dan studi sensori hingga produk inovasi siap diproduksi dalam skala industri. 

"Peningkatan kapasitas Danone Nutricia Research Sarihusada Research & Innovation Center menekankan komitmen kami kepada masyarakat Indonesia, dimana kami ingin terus meningkatkan kapabilitas riset dan inovasi, didukung dengan keahlian dan jejaring yang dimiliki Pusat Riset dan Inovasi kami di seluruh dunia.” 
Dia menambahkan nutrisi memiliki kekuatan besar untuk membawa perubahan positif pada kesehatan manusia. Karena itu, dengan menghadirkan kemampuan terbaik melalui riset dan inovasi di Yogyakarta  ingin membantu masyarakat Indonesia menjadi lebih sehat dan maju.

Direktur Research & Innovation Nutricia-Sarihusada Beneace SteH'ens menjelaskan dengan memiliki Pusat Riset dan Inovasi di lokasi yang sama dimana  beroperasi dan berproduksi, akan lebih mudah untuk melakukan penelitan secara mendalam dan mendapatkan masukan langsung dari konsumen. Hal ini juga akan mempercepat proses uji coba produk hingga ke tahap produksi dengan tetap memastikan kualitas yang dihasilkan sesuai dengan standar internasional.
Danone-Sarihusada pertama kali membangun Pusat Riset dan Inovasi di Yogyakarta pada 2011.

Selama delapan tahun terakhir, berbagai transformasi telah dilakukan untuk memastikan peningkatan kapabilitas dan aplikasi teknologi terkini. Adanya szot plant di pabrik Yogyakarta akan mendukung proses uji coba produk berupa pengembangan prototipe.

Wakil Walikota Yogyakarta  Heroe Purwadi yang turut meresmikan fasilitas ini dalam sambutannya mendukung keberadaan pusat riset dan inovasi canggih di kota Yogyakarta. Fasilitas ini tentunya menjadi pencapaian penting bagi Sarihusada dan Danone yang telah menjadi bagian dari kota Yogyakarta sejak lama.
“Untuk itu, saya berharap fasilitas ini akan membawa manfaat yang lebih besar bagi masyarakat, khususnya untuk pemenuhan nutrisi berkualitas untuk ibu dan anak, dan juga menjadi salah satu bukti bahwa kota kita tercinta adalah kota pendidikan yang disegani dan memiliki pusat riset dan penelitian di bidang nutrisi yang unggul," tandasnya. (*)

BERITA REKOMENDASI