Coba Tips Ini, Bisa Membantu Kamu untuk Berhenti Merokok

BAGI sebagian besar orang berhenti merokok sulit untuk dilakukan karena sudah menjadi candu. Walau sudah banyak peringatan baik melalui tulisan atau gambar, nyatanya jumlah perokok saat ini masih cukup banyak. Bahkan di Indonesia saat ini jumlah perokok yang masih berusia muda cenderung meningkat setiap tahunnya.
 
Kandungan nikotin pada rokok bisa membuat candu, sehingga cukup sulit bagi para perokok aktif untuk benar-benar bisa berhenti. Oleh karena itu, di bawah ini adalah tips yang bisa dilakukan agar bisa mengatasi kesulitan dalam berhenti merokok.
 
1. Minum air dingin melalui sedotan
Cara ini bisa dikatakan cukup unik dalam mengatasi kesulitan lepas dari keinginan untuk merokok. Biasanya seorang perokok yang ingin berhenti memiliki keinginan untuk mengisap batang rokok, dengan cara ini bisa dijadikan pengganti rokok. Selain itu dengan mengisap air dingin menggunakan sedotan membantu tubuh melepas hormon dopamine yang bisa meringankan suasana hati yang buruk.
 
2. Cobalah untuk mencatat hal positif yang didapat setelah berhenti merokok
Rasa yang cukup menyiksa saat berhenti merokok adalah salah satu alasan perokok masih sulit untuk berhenti. Padahal ada banyak manfaat yang bisa kita dapatkan jika mulai berhenti merokok, salah satunya adalah keuangan yang lebih baik serta kesehatan. Oleh karena itu setelah mencoba berhenti untuk merokok cobalah tulis hal-hal apa saja yang bisa didapatkan. Mulai dari tubuh yang bugar, emosi lebih terkendali, mulai bisa menabung, dan banyak lagi lainnya.
 
3. Rutin menyikat gigi
Salah satu ciri seorang perokok adalah bibir yang tampak gelap serta napas mulut yang bau rokok. Cobalah untuk menyikat gigi dengan rutin, dengan demikian kita memiliki napas yang segar dan tidak bau. Tidak perlu lagi minder atau takut dekat dengan orang-orang karena bau rokok, hal ini tentu saja bisa menjadi alasan kuat untuk berhenti merokok.
 
4. Hindari minum alkohol
Berdasarkan sebuah penelitian, ternyata ada kaitan yang cukup erat antara minum alkohol serta aktivitas merokok. Biasanya orang yang merokok cenderung memiliki keinginan yang kuat juga untuk minum minuman beralkohol. Jadi, salah satu cara yang bisa dilakukan agar berhenti merokok adalah dengan tidak minum alkohol.
 
5. Aktif berolahraga
Jika benar-benar ingin tetap hidup sehat dan berhenti merokok, cobalah untuk melakukan aktivitas fisik seperti berolahraga. Tubuh yang bugar dan sehat secara alami bisa membuat suasana hati kita tetap baik. Beberapa olahraga ringan yang bisa kita lakukan adalah jalan kaki, jogging, bersepeda, berenang, dan banyak lagi lainnya.
 
6. Cobalah untuk mengunyah permen karet
Saat ingin berhenti merokok, kita pasti memiliki keinginan untuk memasukkan sesuatu ke mulut. Oleh karena itu cobalah untuk mengunyah permen karet setiap kali ingin merokok. Cara ini cukup ampuh untuk menghalangi keinginan kita untuk merokok. Selain permen karet kita juga bisa mengunyah permen biasa, minum susu, atau yogurt. Namun hindari juga untuk memakan camilan yang mengandung banyak lemak dan kalori karena bisa menyebabkan kelebihan berat badan.
 
Merokok sendiri menimbulkan banyak bahaya kesehatan. Mulai dari kanker paru, pneumonia, gangguan jantung, keguguran, dan banyak lagi lainnya. Terlebih bagi kamu yang aktif bekerja, tentu tidak ingin jika suatu saat terkena sakit akibat rokok, sehingga pekerjaan menjadi terganggu.
 
Saat mulai mencoba untuk berhenti merokok, tubuh memang belum bisa dikatakan sehat sepenuhnya. Oleh karena itu cobalah untuk melakukan gaya hidup sehat, pola makan yang teratur, serta rutin berolahraga. Dengan demikian tubuh kita akan menjadi sehat dan bisa beraktivitas dengan baik.
 
Selain itu untuk melindungi diri dan masa depan dari dampak kesehatan yang berbahaya kita bisa menggunakan asuransi. Beberapa manfaat dari asuransi yang baik bagi kita adalah disediakan fasilitas kesehatan yang memadai, jaminan di masa depan, serta kondisi finansial yang lebih stabil. 
 
Selain itu kita juga tidak perlu takut untuk membayar premi asuransi, karena saat ini sudah banyak perusahaan asuransi yang mematok harga premi cukup murah.  Yang penting, jangan sungkan buat bertanya kepada agen sedetail mungkin termasuk apa saja benefit dan cara klaimnya.(*) 
 

BERITA REKOMENDASI