Coklat, Sehat untuk Penderita Hipertensi saat Lebaran

BUKAN sebuah bentuk pengecualian, tapi penderita tekanan darah tinggi memang boleh mengonsumsi makanan manis. Sebut saja cokelat atau buah-buahan yang manis. Makanan tersebut mampu menghilangkan kelelahan dan mengusir stres. Ingin melewatkan, disarankan jangan!

Dikutip dari pernyataan Dokter Spesialis Hipertensi dr Yoshihiko Watanabe, memakan makanan manis 1 atau 2 buah sehari dengan estimasi 100 sampai 200 kilokalori masih tidak apa-apa. Namun, ada beberapa makanan manis yang lebih direkomendasikan, seperti cokelat dan buah-buahan daripada kue.

Secara umum, dapat dikatakan buah-buahan berfungsi mencegah tekanan darah tinggi. Itu karena buah-buahan mengandung banyak vitamin C, kalium, kalsium, magnesium, serat, dan unsur lain yang baik untuk kesehatan tubuh. Buah-buahan juga secara spesifik dapat membuat pembuluh darah jauh lebih elastis.

Sementara itu, menurut dr Yoshihiko, mengonsumsi cokelat dapat menurunkan 2,9 mmHg tekana darah. Cokelat yang disarankan ialah dark chocolate rendah gula dan rendah lemak dalam jumlah kecil seperti 6,3 gram. Yang menarik lainnya ialah tidak adanya perubahan tekanan darah dengan mengonsumsi cokelat putih.

Angka 2,9 mmHg mungkin terlihat kecil. Namun, bagi pasien tekanan darah tinggi, turunnya tekanan darah sampai 3 mmHg dapat mengurangi risiko kematian dari serangan jantung sampai 8 persen dan risiko gejala arteri koroner sebanyak 5 persen.

So, jangan ragu comot cokelat yang ada di rumah atau rumah tetangga, ya! Selamat lebaran. (*)

 

 

 

BERITA REKOMENDASI