Daun Murbei Mampu Tangkal Darah Tinggi

Editor: KRjogja/Gus

SEBAGIAN tanaman berkhasiat obat bisa rutin berbuah. Bagian buahnya pun enak dikonsumsi serta diyakini mempunyai khasiat kesehatan. Bahkan selain buahnya, tak sedikit juga bagian daunnya juga mempunyai khasiat kesehatan.

Satu di antaranya, yaitu tanaman murbei. Wajar juga jika Triangga asal Moyudan Sleman berusaha bisa melestarikan jenis tanaman ini. Apalagi juga dapat mendukung program penghijauan yang mampu mensuplai oksigen di alam, bahkan sebagian ternak juga senang daun murbei. Adapun khasiat dari daun murbei antara lain dapat dijadikan musuh tekanan darah tinggi (hipertensi), radang kulit maupun bisul. Bahkan bisa untuk terapi jika terkena gigitan ular.

“Resep atau cara memanfaatkan daun murbei dapat dicek di berbagai sumber. Mayoritas mudah diterapkan siapa saja, bahkan cukup menggunakan alat-alat sederhana saja,” ungkapnya seperti dikutip harianmerapi.com.

Resep sederhana sebagai musuh darah tinggi, yakni bisa memanfaatkan daun murbei segar 15 gram. Setelah dicuci bersih menggunakan air mengalir lalu direbus dengan dua gelas air sampai sekitar 15 menit. Air hasil rebusan diminum dua kali dalam sehari, pagi dan sore hari.
Jika digunakan untuk melawan radang kulit dan bisul, yakni bisa menggunakan satu genggam daun murbei yang sudah dicuci menggunakan air mengalir. Bahan alami ini lalu direbus menggunakan dua gelas air bersih. Setelah air tinggal kisaran separohnya segera diangkat dan disaring. Ketika masih hangat, minuman berkhasiat ini rutin dikonsumsi.

“Dengan rutin mengkonsumsi ramuan alami ini, diharapkan keluhan kesehatan tersebut bisa segera teratasi,” tandas Angga.

BERITA REKOMENDASI