Daun Pepaya Jepang Berkhasiat Anti Malaria

Editor: KRjogja/Gus

TAK sedikit jenis tanaman berkhasiat obat dimanfaatkan bagian daun-daunnya. Dengan izin Yang Maha Kuasa, tak sedikit warga merasa cocok memanfaatkannya seperti untuk mencegah serta melawan gangguan kesehatan. Salah satunya, yakni dengan memanfaatkan daun pepaya Jepang.

Seperti dikutip dari harianmerapi.com, jenis daun ini antara lain berkhasiat sebagai anti malaria. Dengan kata lain bisa berfungsi untuk melawan serta mencegah penyakit malaria. Bahkan daun pepaya Jepang dapat sebagai musuh demam berdarah yang disebabkan oleh satwa serangga jenis nyamuk. Selain itu  bisa menggunakan daun pepaya Jepang

Sebagai bahan alami anti kanker. Artinya juga bisa membantu tubuh menjadi lebih kuat, terutama pada bagian-bagian sel di tubuh yang dapat memicu serangan kanker.

Daun pepaya Jepang dipercaya juga dapat membantu menjaga sistem imun tubuh. Dengan rutin mengkonsumsi jenis daun berkhasiat ini diharapkan mampu menjaga imun tubuh tetap stabil. Tak ketinggalan dapat membantu menjaga kesehatan sistim pencernaan, bahkan bisa dijadikan musuh atau membantu melawan serangan tipes, misalnya rutin mengkonsumsi olahan daun pepaya Jepang. Dengan langkah ini diharapkan tipes segera teratasi. Selain itu daun pepaya Jepang dapat  mencegah anemia, sebab membantu memproduksi sel darah merah.

Penting diketahui juga jika tanaman pepaya Jepang banyak berasal dari daerah Jawa Barat lalu dikembangkan di berbagai daerah. Perbanyakan cukup dengan setek batang. Berbeda dengan daun pepaya lainnya yang memiliki rasa pahit, daun ini justru ada rasanya sedikit manis. Wajar jika daun pepaya Jepang juga biasa diolah menjadi masakan berupa sayuran.

Beberapa jenis gangguan kesehatan pada usus, dapat juga dicegah dengan rutin mengkonsumsi olahan daun pepaya Jepang. Caranya antara lain,  dengan menambahkannya ke dalam menu makanan. Antara lain dalam satu minggu dapat  mengonsumsi daun pepaya Jepang sebanyak dua sampai tiga kali sehari. Selain itu daun pepaya Jepang juga bisa membantu melawan berbagai macam bakteri jahat di tubuh. Nah, sudah selayaknya jika tanaman ini perlu dilestarikan keberadaannya dan daun-daunnya rutin dimanfaatkan. (Yan)

 

BERITA REKOMENDASI