Daun Pohon Talok Berkhasiat Turunkan Darah Tinggi

Editor: KRjogja/Gus

TANAMAN kersen atau talok termasuk jenis tanaman yang mempunyai khasiat kesehatan. Bagian tanaman ini yang biasa dijadikan sebagai obat alami, yaitu daun serta buahnya.

Tak jarang pemilik tanaman sering kedatangan warga untuk meminta daun maupun buah talok dan mengaku digunakan untuk terapi kesehatan. Hal ini pun diungkap Samuel Sunu yang memiliki pohon kersen di pekarangan tempat tinggalnya kawasan Gamping Sleman.

“Terutama bagian daun serta buah talok memang banyak diyakini ada khasiat kesehatannya. Jika ada yang merasa cocok, dengan memanfaatkan bahan alami seperti ini dapat digunakan untuk membantu mencegah dan mengatasi gangguan kesehatan,” jelasnya.

Pemanfaatan daun kersen untuk kesehatan, antara lain dibuat teh kesehatan, cukup dengan direbus sampai dibuat keripik daun talok dengan cita rasa yang khas. Jika dibuat sebagai herbal yang ditakuti darah tinggi atau hipertensi, bisa dengan menjemur daun kersen sampai kering, seperti kita membuat teh. Selanjutnya daun kering diseduh secukupnya dengan air putih panas untuk satu gelas kecil. Lalu ditunggu beberapa saat hingga air putih berubah seperti air teh. Ramuan ini diminum dua kali sehari.

Sedangkan sebagai ramuan anti diabetes,cara memanfaatkannya yaitu cukup menggunakan 50 sampai 100 gram daun kersen yang telah dicuci bersih menggunakan air mengalir. Selanjutnya direbus dalam seliter air hingga mendidih dan tersisa separuhnya. Hasil rebusan ini diminum dua kali sehari. Jika menggunakan ekstrak daun kering, 2-5 gram dan diseduh dalam 200 ml air.

“Ada juga yang memanfaatkan buah kersen, sebagai usaha mengatasi asam urat, terutama memanfaatkan buah kersen masih mengkal atau sudah masak,” tambahnya seperti dikutip dari harianmerapi.com.

Cara yang bisa diterapkan, yakni cukup makan buah sembilan butir buah kersen tiga kali sehari. Cara ini antara lain dapat membantu mengurangi rasa nyeri yang ditimbulkan  asam urat. Punya khasiat ini karena buah kersen mengandung kadar purin rendah. Kandungan air tinggi dalam buah kersen dapat melarutkan purin yang mengendap di ginjal atau persendian. Kandungan inilah yang membuat buah kersen mampu mengatasi asam urat. Selain bagi yang sedang sulit buang air besar bisa mengonsumsi beberapa butir buah kersen, sehingga diharapkan buang air besarnya bisa lebih lancar.  (Yan)

BERITA REKOMENDASI