Daun Turi Lawan Radang Tenggorokan

Editor: KRjogja/Gus

DERETAN pohon turi saat berbunga dapat memberi pemandangan indah. Selain sedap dipandang, daun serta bunga turi juga dapat dijadikan bahan alami berkhasiat baik digunakan untuk membantu mencegah maupun melawan gangguan kesehatan.

Satu di antaranya untuk melawan serangan radang tenggorokan. Resep yang bisa diterapkan, yakni menggunakan daun turi dan diyakini lebih kampiun jika jenis turi berbunga merah. Bahan yang dibutuhkan, cukup segenggam daun turi merah. Setelah dicuci bersih lalu direbus dengan air bersih secukupnya. Selanjutnya disaring, lalu dalam keadaan hangat atau dingin, airnya dipakai untuk berkumur-kumur. Cara seperti ini bisa dilakukan tiga sampai empat kali dalam sehari hingga keluhan kesehatan tersebut dapat teratasi.

Tak kalah penting, daun tanaman turi juga diyakini bisa sebagai musuh serangan keputihan. Resepnya, yaitu cukup menggunakan segenggam daun turi putih dan kunyit sebesar ibu jari dicuci hingga bersih. Bahan ini lalu digiling halus, dilanjutkan dengan penambahan tiga perempat cangkir air minum. Selanjutnya diaduk merata lalu diperas dan disaring. Air hasil saringannya dapat diminum dua kali sehari.

Sedangkan perpaduan daun dan bunga tanaman turi bisa dimanfaatkan sebagai penambah air susu ibu (ASI). Jika menggunakan daun turi, memilih yang masih muda lalu dikukus. Hasilnya dimakan sebagai lalapan. Lain halnya jika menggunakan bagian bunga turi cukup dimasak dengan direbus atau dikukus lalu rutin dikonsumsi. Bisa juga dicampurkan pada olahan sayur pecel. Jika digunakan sebagai musuh pegal linu, yaitu menggunakan akar pohon turi yang berbunga merah secukupnya. Setelah itu digiling halus dan ditambahkan sedikit air sampai menjadi adonan seperti bubur. Adonan ini kemudian digosokkan ke bagian badan yang sakit.

Bisa pula dijadikan musuh sariawan, yakni bisa menggunakan kulit batang turi yang masih muda dan segar secukupnya. Lalu diremas-remas dalam air, disaring dan airnya digunakan untuk berkumur. Cara ini dilakukan tiga kali sehari. Bisa juga kulit batang turi sebesar ibu jari lalu direbus dan airnya diminum. Dengan ramuan alami ini diharapkan bisa segera sembuh, tanpa perlu menggunakan obat-obatan berbahan kimia.

Sebagai tambahan pengetahuan, pohon turi memiliki nama ilmiah Sesbania grandiflora. Tinggi tanaman dapat mencapai sekitar lima hingga 10 meter. Wujud bunganya mirip kupu-kupu dan ada dua jenis, yakni berwarna putih dan merah jingga. Alhasil, sebutan turi terbagi menjadi 2 macam: turi putih (bunganya putih) dan turi merah (bunganya merah).

BERITA REKOMENDASI