Dekat Hantu Bulu Kuduk Merinding? Ini Alasan Ilmiahnya

KETIKA berada di suatu tempat yang gelap atau sepi, pasti bulu kuduk merinding. Pasti Anda berpikir bahwa di tempat itu 'ditunggu' oleh makhluk ghaib.

Tapi benarkah demikian, ketika menemui hal mistis orang merasa takut dan merinding. Masalah itu wajar dialami seseorang, karena terjadi karena kondisi alamiah.

Untuk menjawab rasa penasaran, mengapa Anda merasa merinding saat menemui kondisi tertentu, Ahli Fisiologi George A Bubenik dari University of Guelph di Ontario mengatakan, fenomena goosebump merupakan kondisi fisiologis yang diwariskan dari nenek moyang. Otot kita mengalami kontraksi akibat merasakan daya kejut.

"Goosebumps atau bulu kuduk dialami manusia kapan saja. Masalah ini karena otot berkontraksi secara otomatis," ujar Bubenik, dilansir Scientificamerican, Sabtu (/11/2017).

Biasanya kejadian ini terjadi saat menonton film horor atau berada di ruang kegelapan. Ketika itu, ada pelepasan hormon stres dan adrenalin yang meningkat. Secara otomatis hal itu terjadi di bawah kesadaran manusia.

Umumnya, ketika menghadapi sesuatu yang menakutkan atau mengejutkan, adrenalin meningkat. Hal itu juga terjadi saat orang menghadapi sesuatu tantangan yang membuatnya khawatir.

Tandanya bila tubuh melepaskan adrenalin yakni mengeluarkan air mata, tangan gemetar, peningkatan tekanan darah, denyut nadi kencang, hingga masalah lainnya. Orang ketakutan juga mengalami stres dalam waktu bersamaan.

"Bulu kuduk merinding tidak hanya mengalami rasa takut. Saat cuaca dingin dan cemas, seseorang pasti mengalami hal sama," tambahnya.

Uniknya tak hanya manusia yang mengalaminya, hewan pun bisa merinding saat berada di dekat makhluk gaib. Hewan bisa mengeluarkan hormon stres dan meningkatnya adrenalin. (*)

 

BERITA REKOMENDASI