Kopi Bermanfaat untuk Kulit, Buktikan

Anda mungkin mengandalkan secangkir kopi pagi untuk meningkatkan energi dan metabolisme Anda setiap hari. Walaupun kopi paling banyak digunakan sebagai minuman, kopi juga mendapatkan reputasi sebagai obat alternatif untuk kulit.

Berkat kandungan antioksidannya yang mengandung fenol sehingga dapat membantu melawan radikal bebas penyebab kerusakan kulit. Faktanya, American Chemical Society telah menemukan bahwa kopi adalah sumber antioksidan paling populer di Amerika Serikat – bahkan lebih dari minuman kaya antioksidan lainnya, seperti teh dan anggur.

Selain diminun, ternyata Kopi juga memiliki banyak manfaat untuk kulit, salah satunya digunakan untuk masker. Melansir Healthline, Sabtu (4/7/2020), berikut deretan manfaat dari Kopi:

Membantu mengurangi selulit

Kopi dapat membantu mengurangi tampilan selulit pada kulit. Diperkirakan bahwa kandungan kafein dalam kopi adalah kunci untuk pengurangan selulit dengan melebarkan pembuluh darah di bawah kulit dan meningkatkan aliran darah secara keseluruhan, sehingga dapat membantu mengurangi penampilan selulit.

Metode perawatan kulit ini dianggap paling baik digunakan melalui scrub kopi karena proses pengelupasan kulit juga dapat menghaluskan kulit Anda dan memberikan penampilan yang merata.

Anti-Aging

Mengaplikasikan kopi langsung ke kulit Anda dapat membantu mengurangi munculnya bintik-bintik kemerahan dan garis-garis halus. Faktanya, satu penelitian menemukan korelasi langsung antara minum kopi dan penurunan efek photoaging.

Mengandung vitamin B3

Kopi adalah sumber yang kaya vitamin B3 (niasin), berkat pemecahan senyawa kunci yang disebut trigonelin. Namun, trigonelin terurai menjadi niasin setelah biji kopi dipanggang. Menurut Yayasan Kanker Kulit, niasin dapat membantu dalam mencegah kanker kulit nonmelanoma dan mungkin dapat mencegah pertumbuhan kulit lainnya.

Cara membuat masker wajah kopi:

Ada banyak cara berbeda untuk membuat masker wajah kopi di rumah. Cara terbaik adalah mencampur bubuk kopi dengan bahan noncomedogenic (artinya tidak akan menyumbat pori-pori Anda).

– Campurkan minyak zaitun dan ampas kopi dengan perbandingan sama.

– Oleskan masker ke wajah Anda dengan gerakan memutar.

– Biarkan masker di antara 15 dan 60 menit.

– Bilas dengan air hangat. Ulangi hingga tiga kali per minggu.

BERITA REKOMENDASI