Diduga Jadi Penyebab Meninggalnya Ki Seno, Apa Sebenarnya Penyakit Jantung?

DALANG Ki Seno Nugroho (48) yang begitu dikenal luas masyarakat sebagai salah satu dalang gaya baru, tutup usia Selasa (03/11/2020) malam pukul 22.12 WIB. Kepergian Ki Seno terjadi mendadak dan mengagetkan pecinta wayang kulit di seantero negeri.

Penyebab meninggal dunia Ki Seno diduga mengalami serangan jantung. Pasalnya, almarhum pada siang hari sebelumnya masih bercanda di grup Warga Laras, grup yang selalu menemani pentas selama ini.

Lalu apa sebenarnya penyakit jantung yang diduga menjadi penyebab meninggalnya Ki Seno? Penyakit jantung koroner (PJK) disebabkan oleh kerusakan pada pembuluh darah jantung atau arteri koroner. Kerusakan tersebut dapat disebabkan oleh penumpukan ateroma di dinding arteri. Ateroma terdiri dari kolesterol dan zat sisa hasil metabolisme tubuh.

Ateroma yang terus menumpuk, dapat menyebabkan dinding arteri menebal hingga menyempit. Akibatnya, jantung tidak mendapat cukup asupan darah dan oksigen. Kondisi ini disebut aterosklerosis.

Sejumlah faktor dapat meningkatkan risiko aterosklerosis, antara lain:

Rokok
Rokok adalah faktor risiko utama penyakit jantung koroner. Kandungan nikotin dan karbon monoksida dalam asap rokok dapat membebani kerja jantung, dengan memacu jantung bekerja lebih cepat. Kedua senyawa tersebut juga meningkatkan risiko terjadinya penggumpalan darah.

Diabetes
Diabetes menyebabkan dinding pembuluh darah menebal dan menghambat aliran darah. Penderita diabetes diketahui 2 kali lipat lebih berisiko terserang penyakit jantung koroner.

BERITA REKOMENDASI