Duh.. Virus Corona COVID-19 Ternyata Kuat, Tangguh dan Tahan Panas

SEBUAH tim peneliti di Hungaria menusuk-nusuk virus corona COVID-19 dengan jarum halus untuk mengukur seberapa besar kekuatan yang dibutuhkannya sebelum ‘meletus’ seperti balon. Ternyata tidak hancur.

‘Tubuh’ Sars-CoV-2 (nama virus penyebab COVID-19) memiliki lebar sekitar 80 nanometer, dan ujung jarum yang digunaka peneliti berukuran jauh lebih kecil dari itu. Ujungnya melaju dari atas virus ke bawah. Virion itu terjepit, lalu segera ‘memantulkan diri’ saat jarumnya pergi.

Para peneliti mengulangi hal tersebut sebanyak 100 kali pada partikel virus yang sama dan itu tetap hampir utuh.

Ini “sangat tangguh,” kata tim yang dipimpin oleh Dr Miklos Kellermayer dari Semmelweis University di Budapest dalam makalah yang belum di-peer-review yang diposting di biorxiv.org pada hari Kamis 17 September 2020, seperti dikutip dari Asia One, Sabtu (19/9/2020).

Virus corona baru penyebab COVID-19 terus mengejutkan para ilmuwan dengan strukturnya yang unik. Misalnya, tim dari Universitas Tsinghua di Beijing merilis rekonstruksi struktural paling rinci dari virus di jurnal Cell pada pekan ini. Mereka menemukan bahwa virus dapat menumpuk pita asam nukleat dalam jumlah besar yang membawa data genetik ke dalam pembungkus yang sangat rapat.

Namun, virus yang digunakan dalam penelitian ini dan penelitian sebelumnya lainnya dibekukan untuk mendapatkan bidikan yang tajam dan stabil untuk kamera.

BERITA REKOMENDASI