Ekstrak Etanol Gel Lidah Buaya Mampu Turunkan Bakteri “Total Coliform” dalam Air

Editor: Ary B Prass

YOGYA, KRJOGJA.com – Ekstrak etanol gel lidah buaya yang bersifat antibakteri mampu menurunkan bakteri Total Coliform yang terkandung di dalam air. Hal ini terungkap dalam penelitian yang dilakukan oleh Vita Kumalasari SSi MEng, Dosen Stikes Surya Global Yogyakarta. Penelitian Vita berjudul ‘Pemanfaatan Ekstrak Gel Lidah Buaya Untuk Menurunkan Bakteri Total Coliform dalam Air’.
Vita mengatakan, latar belakang dilakukannya penelitian ini karena kuantitas dan kualitas air bersih di Kota Yogyakarta semakin menurun, dari tahun ke tahun. Berdasarkan uji bakteriologi, dari 12 sampel air sumur yang diperiksa, 9 sampel tidak memenuhi syarat jumlah MPN total coliform yang dipersyaratkan dalam Permenkes No.416/Menkes/Per/IX/1990.
Menurut Vita, lidah buaya sudah lama menjadi primadona di dunia kecantikan maupun dunia kesehatan. Selain kaya antioksidan, lidah buaya juga mengandung senyawa antiradang, antiseptic, dan antibakteri. Dalam ekstrak etanol gel lidah buaya mengandung antraquinone, tannin, polysaccharide, flavonoid, dan saponin yang bersifat sebagai antibakteri.
“Fakta ini menarik minat saya untuk menguji keefektifannya dalam menurunkan bakteri Total Coliform yang terkandung di dalam air,” kata Vita kepada KRJOGJA.com, Rabu (1/9/2021).

BERITA REKOMENDASI