Empat Makanan Ini Mampu Cegah Pneumonia

Editor: KRjogja/Gus

ANDA dapat mencegah gejala pneumonia dengan mengonsumsi berbagai makanan sehat. Pikirkan makanan yang cukup bernutrisi bagi Anda, terutama untuk kesehatan paru-paru.

Berikut adalah empat jenis makanan yang dapat meningkatkan kesehatan paru-paru Anda. Simak penjelasannya, dilansir Livestrong, Sabtu (12/11/2016).

Warna-warni sayuran dan buah

Buah-buahan dan sayuran adalah pemasok antioksidan yang membantu tubuh melawan penyakit infeksi seperti pneumonia. Anda harus mengonsumsinya untuk memperkuat kekebalan tubuh. Dalam sehari perbanyak makan jeruk, sayuran berdaun hijau, tomat, labu atau apel.

Biji-bijian

Bahan makanan biji-bijian memberikan asupan karbohidrat, vitamin B, mineral dan antioksidan. Semuanya berperan untuk memberikan energi dalam tubuh. Contoh biji-bijian yang sehat adalah roti gandum, beras merah, jagung, beras merah dan lainnya.

Sumber protein

Protein berperan penting untuk perbaikan jaringan dan fungsi kekebalan tubuh. Pilih sumber protein rendah lemak seperti kacang, daging merah, ikan, hingga telur. Semua makanna itu dapat melawan infeksi pernapasan seperti pneumonia.

Minum banyak air

The University of Maryland Medical Center merekomendasikan minum 6 sampai 10 gelas cairan, seperti air, jus dan minum teh dalam sehari. Berbagai produk susu sapi, kedelai, atau susu almond juga baik untuk meningkatkan kesehatan paru-paru Anda. (*)    

 

BERITA REKOMENDASI