Eropa sebagai Pusat Pandemi Global Virus Corona

Michael Ryan, yang memimpin program kedaruratan WHO, menekankan bahwa tindakan seperti melarang pertemuan publik “bukanlah obat mujarab”.

“Langkah-langkah jarak sosial tidak akan menghentikan pandemi ini,” katanya, meskipun beberapa bisa memiliki “dampak positif”, tambahnya.

Yang paling penting, katanya, adalah bertindak.

“Kesalahan terbesar adalah tidak bergerak. Kesalahan terbesar adalah dilumpuhkan oleh ketakutan akan kegagalan,” katanya.

Organisasi Kesehatan Dunia juga mengumumkan pengumpulan dana baru, yang ditargetkan untuk menarik sumbangan dari perusahaan, organisasi dan individu untuk membantu memerangi pandemi.

Dana Respons Solidaritas COVID-19, yang akan dijalankan oleh Yayasan PBB di Amerika Serikat dan Yayasan Filantropi Swiss, dimulai pada Jumat dengan sejumlah sumbangan jutaan dolar dari Facebook, Google, dan lainnya.

“Kami membutuhkan semua tangan di atas geladak,” kata kepala Dana PBB Elizabeth Cousens kepada wartawan.

“Ini belum terlambat, jadi di mana pun Anda tinggal, kami membutuhkan bantuan Anda untuk memerangi virus ini untuk semua komunitas kami.”

WHO awalnya memperkirakan bahwa upaya untuk mengendalikan virus akan menelan biaya $750 juta untuk tiga bulan pertama saja.

Scott Pendergast, kepala kedaruratan, strategi, program, dan kemitraan WHO, mengatakan kepada wartawan pada hari Kamis bahwa ketika situasi berevolusi, kemungkinan biaya sebenarnya sampai akhir tahun ini akan membutuhkan “setidaknya peningkatan 10 kali lipat.”(*)

BERITA REKOMENDASI