Fakta! Narkoba dan Alkohol Bisa Picu Epilepsi

EPILEPSI atau ayan adalah penyakit yang bisa diderita oleh semua usia. Selain dari cedera kepala atau cedera traumatik, ternyata penggunaan narkoba dan meminum alkohol berlebih bisa menimbulkan epilepsi pada tubuh Anda.

Hal itu diungkapkan oleh dr Irawati Hawari, SpS. Menurutnya, narkoba dan alkohol berlebih bisa menyebabkan epilepsi. Tapi sayang, keduanya masih banyak dikonsumsi oleh masyarakat luas.

“Narkoba atau alkohol berlebihan bisa menyebabkan epilepsi. Oleh karena itu, jangan pernah mencoba kedua hal tersebut,” ujar dr Irawati Hawari di Hotel Bidakara, Pancoran, Jakarta Selatan (30/11/2018).

Selain narkoba dan alkohol, epilepsi dipicu oleh kebiasaan begadang, sering terpapar sinar matahari, terlau lelah, dan stres. Jadi sangat penting untuk menghindari hal tersebut.

Lebih lanjut dia menjelaskan, epilepsi adalah sebuah penyakit yang menyerang otak dan dapat mengakibatkan kerusakan otak bahkan bisa menyebabkan stroke. Gejala awal epilepsi biasanya berupa halusinasi visual dan halusinasi auditorik. Halusinasi tersebut bisa menimbulkan suara-suara orang berbicara atau melihat bayangan tertentu.

"Gejala epilepsi pada umumnya adalah kejang-kejang dan halusinasi. Apabila seseorang terkena penyebabnya akan mengalami gejalanya," ujar dr Irawati Hawari, SpS.

Untuk mengatasi gejalanya ada beberapa penanganan dalam mengobati epilepsi. Biasanya bisa dilakukan dengan pemberian obat dan operasi.

"Tetapi tidak semua orang yang terkena epilepsi bisa di operasi begitu saja," terang dr Irawati.

Dokter Irawati juga mengatakan, bahwa penanganan epilepsi bisa dilakukan dengan operasi melalui EEG dan MRI yang memungkinkan pasien bebas kejang 90%. Tapi yang paling penting dukungan keluarga menjadi nomor satu untuk penyemangat pasien dalam menghadapi penyakit epilepsi. 

BERITA REKOMENDASI